Dari Lapangan Merdeka, Massa Bergerak Unjuk Rasa ke Polres Tebing Tinggi

Baca Juga



Tebing Tinggi, Indometro.id -
Usai melakukan aksi unjuk rasa di Lapangan Merdeka Tebing Tinggi, sejumlah massa langsung bergerak ke Polres Tebing Tinggi untuk kembali melakukan aksinya, Rabu (20/10/2021), namun dihadang petugas di persimpangan Jl Iskandar Muda.

Dan sesuai Surat Perintah (sprin / 985 / X / HUK.6.6/ 2021) untuk kesiapan aksi unjuk rasa serta tindakan lainnya yang memerlukan kehadiran Personil Dalmas di Wilayah hukum Polres Tebing Tinggi Tahun 2021, hal unjuk rasa masyarakat mengenai kinerja Sat Reskrim Polres Tebing Tinggi terhadap kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang saat ini sedang ditangani oleh Sat Reskrim Polres Tebing Tinggi.



Kegiatan simulasi Dalmas dalam menghadapi Unjuk Rasa tersebut turut dihadiri Kapolres Tebing Tinggi Polda Sumut AKBP Agus Sugiyarso SIK, Kabag Ops Kompol Siahaan, para PJU Polres Tebing Tinggi, Kapolsek jajaran Polres Tebing Tinggi, para Perwira Polres Tebing Tinggi dan Anggota POLRI serta ASN Polres Tebing Tinggi.

Pelaksanaan simulasi meliputi kegiatan yang dimulai dari setelah menerima pemberitahuan dari masyarakat yang akan melaksanakan aksi unjuk rasa di Polres Tebing Tinggi dan di pemberitahuan tersebut masyarakat akan melaksanakan unjuk rasa pada hari Rabu, tanggal 20 Oktober 2021, Pukul 13.00 Wib.



Selanjutnya Kabag Ops mengumpulkan personil Dalmas yang terdiri dari Dalmas Awal, Dalmas Lanjutan serta Tim Negosiator di halaman apel Mapolres Tebing Tinggi, karena diperoleh informasi bahwa massa yang akan melakukan unjuk rasa di Polres Tebing Tinggi sudah berkumpul di Lapangan Merdeka Kota Tebing Tinggi.

Kapolres Tebing Tinggi AKBP Agus Sugiyarso S.IK memberikan APP agar dalam menangani aksi unjuk rasa dilakukan secara humanis dan personil dilarang membawa senjata api (senpi) maupun senjata tajam (sajam).

Selanjutnya diperoleh infomasi dari Kasat Intel bahwa masyarakat yang akan melaksanakan unjuk rasa sudah bergerak dari Lapangan Merdeka menuju Mapolres Tebing Tinggi dengan berjalan kaki dengan dikawal Personil Lalu Lintas.

Usai itu massa yang sedang bergerak di hadang oleh Tim Negosiator dan Dalmas Awal di Jalan Pahlawan simpang Jalan Iskandar Muda Kota Tebing Tinggi dan menghimbau agar massa tertib dalam menyampaikan aspirasi dan tidak melakukan tindakan anarkis.

Tim Negosiator turut membagikan air mineral, akan tetapi massa bertindak anarkis dengan cara melempari Tim Negosiator dan Dalmas Awal, sehingga situasi tidak terkendali.

Kemudian Kapolres Tebing Tinggi memerintahkan Kabag Ops untuk mengirimkan Dalmas Lanjutan guna membubarkan aksi massa yang tidak terkendali dan setelah Pasukan Dalmas Lanjutan tiba di lokasi Pasukan Dalmas membubarkan massa dan massa akhirnya membubarkan diri.

Usai massa membubarkan diri, Kapolres Tebing Tinggi mengambil Apel Konsolidasi Tim Negosiator, Dalmas Awal dan Dalmas Lanjutan di Lapangan Mapolres Tebing Tinggi dengan hasil seluruh personil yang terlibat Pam Aksi unjuk rasa dalam keadaan lengkap.


(AA/IY)






Berikan Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama