-->

Iklan

Temukan Kami DI Fb

Halaman

Petugas Lapas Pekanbaru Gagalkan Penyelundupan Narkoba Jenis Ganja Kering Kedalam Lapas

Hery Ferdian
Jumat, 20 Agustus 2021, Agustus 20, 2021 WIB Last Updated 2021-08-21T04:45:33Z
iklan disini :



Pekanbaru, indometro.id
   Petugas Lapas Kelas IIA Pekanbaru berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkoba diduga jenis ganja kering yang sengaja dilempar dari luar tembok Lembaga Pemasyarakatan (lapas) Kelas II A Pekanbaru oleh orang tak dikenal(OTK).

Tepatnya sekitar pukul 07,00 WIB salah seorang petugas pengamanan yang ada di pos tinggi 3 Lapas Kelas IIA Pekanbaru mencurigai barang yang di lempar dari luar dalam, kemasan terbungkus plastik. Kejadian ini bermula saat petugas melakukan serah terima penjagaan pos tinggi 3 dari regu pengamanan malam ke regu pengamanan pagi dan melihat bungkusan yang tergeletak di area pos tinggi 3.

"Alhamdulilah, petugas kami berhasil menggagalkan upaya masuknya narkoba jenis daun ganja kering dari luar . Itu terungkap berkat petugas yang rutin melakukan patroli dan siaga dalam melakukan tugasnya kata Kepala Lapas Kelas IIA Pekanbaru, Herry kepada media indometro.id, Jum'at Pagi(20/08/2021).

Kepala Lapas Kelas IIA Pekanbaru Herry Suhasmi Membenarkan Kejadian tersebut, Penemuan bungkusan narkoba ini ditemukan pada jum'at (20/8/21). Saat petugas lapas sedang melakukan patroli serah terima kesiapan penjagaan dan kemudian melihat benda yang mencurigakan berbalut baju kaos Hitam.

Usai menemukan bungkusan narkoba itu, Petugas lapas yang betugas saat itu sempat berupaya mencari siapa yang melempar narkoba itu dari luar lapas. Namun pelaku pelemparan tersebut tidak terlihat.

Setelah Petugas mengamankan benda tersebut kemudian melaporkan temuannya, selanjutnya petugas secara prosedur(SOP) melakukan pembongkaran temuan tersebut,” Dari hasil pemeriksaan petugas Lapas kelas IIA Pekanbaru terdapat 3 bal gulungan ganja yang di bungkus dan telah diamankan dan kita juga telah laporkan ke pihak kepolisian untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut,” ," ucap kepala Lapas Kelas IIA Pekanbaru Herry (20/07/2021) siang Tadi di ruangan kerjanya.

Kejadian pelemparan narkoba dari luar ke dalam Lapas merupakan kejadian yang kedua kalinya, Sebelumnya, kejadian serupa pernah terjadi, sekitar dua minggu yang lalu, saat petugas melakukan giat membersihkan area lapas dan menemukan benda yang mencurigakan satu paket narkoba di seputaran tembok lapas, Namun sangat disayangkan belum dapat mengetahui untuk siapa barang tersebut akan di tuju dan siapa pelaku pelemparan narkoba tersebut,ucap Herry.

Kami dari pihak lapas kelas IIA Pekanbaru masih terus melakukan upaya pencegahan dan mencari siapa pemiliknya, yang jelas tujuan barang tersebut untuk warga binaan(WBP) di dalam Lapas.

Kepala lapas Pekanbaru sangat mengapresiasi upaya penggagalan penyelundupan narkoba ke dalam Lapas oleh petugasnya.

"Ini merupakan wujud komitmen bersama untuk berperang melawan narkoba," jelas Herry.

Kalapas Pekanbaru Herry  juga menambahkan, Dirinya sudah memberi penguatan dan perintah kepada seluruh petugas pengamanan khusunya petugas pintu utama dan dan petugas yang berjaga di area vital lingkungan lapas kelas IIA Pekanbaru agar lebih meningkatkan pemeriksaan dan penggeledahan, dan Kita selalu bekerja sama dan koordinasi dengan pihak kepolisian untuk penyelidikan lebih lanjut atas temuan.

"Kami selalu mengedepankan kolaborasi dan sinergi dalam penanganan kamtib (keamanan dan ketertiban) dengan pihak TNI-Polri," tegas Herry Suhasmin.

Sementara itu KPLP lapas Kelas IIA Pekanbaru Efendi Purba menyampaikan, Kalapas minta untuk dipantau dan terus melakukan memperketat pengawasan dan menggeledah barang dari luar yang akan masuk ke dalam Lapas, dan berupaya mengoptimalkan petugas dalam melakukan kontrol keliling ke luar tembok secara berkala.

“Dengan pengawasan ketat, hal itu pun disadari oleh oknum yang belum diketahui, sehingga melakukan upaya memasukan narkoba dengan cara pelemparan tersebut,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, aksi penyelundupan narkoba dan barang barang terlarang ini kerap terjadi, Dalam Kejadian penyelundupan narkoba dengan cara dilempar dari luar ke dalam Lapas Kelas II A pekanbaru tidak kali ini saja terjadi, Hanya saja, dari sekian pelemparan narkoba ke dalam lapas hingga saat ini pelakunya belum kunjung terungkap dan pihak lapas tetap bekerja keras melakukan berbagai upaya pencegahan (***)

Beri Komentar Dong!

Tampilkan

Terkini

Nasional

+