-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Panen Perdana Inovasi Teknologi Pertanian Padi Dibuka Bupati Sergai

    Redaksi
    Senin, 23 Agustus 2021, Agustus 23, 2021 WIB Last Updated 2021-08-23T15:05:31Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh
    Panen Perdana Inovasi Teknologi Pertanian Padi Dibuka Bupati Sergai


    Serdang Bedagai, Indometro.id -
    Salah satu tujuan utama pembangunan pertanian adalah meningkatkan kehidupan petani dan keluarganya yang lebih baik dan sejahtera.
    Hal ini disampaikan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya saat membuka Panen Perdana Kegiatan Hilirisasi Inovasi Teknologi Pertanian Padi, Kelompok Tani Margo Mulyo, seluas 10 hektare (ha) dan Gerakan Panen Serentak Tahun 2021, di Desa Pulau Gambar, Kecamatan Serba Jadi, Senin (23/8/2021). 

    " Kabupaten Sergai merupakan salah satu lumbung beras di Provinsi Sumut. Produksi beras di Tanah Bertuah Negeri Beradat dari tahun ke tahun berfluktuasi, namun produksinya tetap surplus menurut angka sementara tahun 2020 produksi beras yang dicapai sebesar 246.282 ton dengan kebutuhan 77.169 ton sehingga swasembada/surplus beras sebanyak 169.113 ton," ucapnya.

    Lebih lanjut disampaikan Bupati Darma Wijaya, dalam upaya membangun pertanian Kabupaten Sergai bersinergi dengan berbagai pihak, baik dari sisi pendanaan maupun pendampingannya. Salah satu upaya yang dilakukan membuat kesepakatan bersama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provsu yang sudah ditandatangani pada tanggal 16 Juli 2021. 
     " Kami mintakan kepada UPT terkait untuk menindaklanjuti poin-poin yang tercantum dalam kesepakatan bersama tersebut diantaranya; penelitian dan pengembangan tanaman perkebunan tanaman pangan dan hortikultura, pendampingan dan penerapan atau pengembangan teknologi pertanian dan  sosialisasi inovasi teknologi pertanian serta kegiatan lain yang dapat dikerjasamakan," rincinya.

    Dalam kesempatan tersebut, Bupati mengimbau para petani untuk mandiri dengan menggunakan pupuk non-subsidi, tanpa selalu mengandalkan pupuk subsidi. Hal itu guna menunjang produktivitas hasil pertanian khususnya padi, dalam mencapai program ketahanan pangan pemerintah, pungkasnya.

    Dalam kesempatan yang sama, Kepala BPTP Sumut, Khadijah El Ramija mengatakan kegiatan ini merupakan dana anggaran tambahan pemulihan ekonomi nasional. Kabupaten Sergai salah satu kabupaten yang diutamakan dalam setiap kegiatan BPTP untuk mendukung teknologi pertanian. 

    Di Desa Pulau Gambar ini, lanjut El Ramija diseminasi inovasi teknologi yang digunakan antara lain ada tiga model tanam yakni hajar legowo 2:1, 4:1 dah Tegel. "Tiga varietas benih padi dengan kualitas inpari 30, inpari 32 dan Mekongga. Selain itu, pemupukan sesuai rekomendasi analisa tanah dengan perangkat uji tanah sawah (PUTS) dan pengendalian hama terpadu" tutupnya.


    (IY)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini