-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Pengurus HIMA Jurusan PGSD STKIP PADHAKU ,Peran Mahasiswa Dalam Memaknai Hari Pancasila

    Selasa, 01 Juni 2021, Juni 01, 2021 WIB Last Updated 2021-06-01T01:21:15Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh

    INDRAMAYU, INDOMETRO.ID,-- Sebagai generasi penerus bangsa, sudah sepatutnya mahasiswa menumbuhkan dan meningkatkan rasa kecintaan terhadap tanah air dan menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila. Mahasiswa sebagai kaum yang intelektual sangat berperan penting dalam kemajuan bangsa, sebab mahasiswa adalah tonggak perubahan bangsa.

    Meningkatkan rasa cinta kepada pancasila bukanlah suatu hal yang mudah, semuanya harus dimulai dari kesadaran diri kita sendiri misalnya kita harus mampu bertanggung jawab, bersikap disiplin, jujur, dan berjiwa patriotisme (berani, pantang menyerah, dan rela bekorban demi bangsa dan Negara), sehingga kita bisa mengamalkan  dan memahami nilai-nilai yang terkandung di dalam pancasila.

    Sopian salah satu pengurus HIMA Jurusan PGSD STKIP PADHAKU Senin, ( 31/05/2021) mengatakan "Seperti yang kita ketahui di zaman Millenial ini sudah banyak mahasiswa yang tidak lagi memahami apa isi dari pancasila dan cara melaksanakan sila-sila dalam pancasila, sehingga disinilah peran mahasiswa untuk menjelaskan arti penting dari pancasila kepada mereka yang sudah bersikap acuh tak acuh pada pancasila, hal sederhana yang dapat kita lakukan seperti mengadakan seminar tentang arti pentingnya pancasila dalam kehidupan bernegara serta mengajak mereka untuk bergabung dalam kegiatan upacara memperingati hari kesaktian pancasila (1 oktober) dan hari lahirnya pancasila (1 juni ). contoh lain peran mahasiswa dalam mengamalkan nilai –nilai pancasila seperti:

    Berakhlak baik, bermoral, dan sopan santun dengan menghargai orang – orang yang ada di sekitar kita baik itu dosen, teman-teman sesama mahasiswa, dan masyarakat.
    Mematuhi segala peraturan yang ada di kampus demi terciptanya kehidupan kampus yang lebih baik. Jangan besikap apatis (acuh tak acuh) ataupun hanya mementingkan diri sendiri.
    Ikut aktif dalam berbagai kegiatan organisasi di kampus seperti BEM,HIMA, UKM, SENAT, dan lainnya. Karena dengan bergabung di organisasi kita dapat menanamkan nilai–nilai pancasila seperti meningkatkan toleransi, menumbuhkan jiwa sosial,dan terjalinnya kerja sama antar individu.
    Sebagai mahasiswa kita harus cermat dalam mendengarkan informasi agar terhindar dari segala hoax atau berita yang tidak benar.
    Pada sila pertama yang berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa “ mengandung arti bahwa semua orang berhak memeluk agama dan kepercayaannya masing-masing. Hal yang dapat kita lakukan sebagai mahasiswa yaitu mendorong adanya sikap toleransi umat beragama sehingga tercipta kehidupan yang damai dan terhindar dari segala bentuk konflik. contoh penerapannya seperti :

    Saling menghormati antar umat beragama
    Adanya tenggang rasa atau kepedulian antar umat beragama sehingga terciptanya rasa saling tolong – menolong.
    Pada sila kedua “ Kemanusiaan yang adil dan beradab” mengandung arti bahwa sesama manusia kita harus saling mencintai, tidak semena-mena terhadap orang lain, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, berani membela kebenaran dan keadilan, meningkatkan tingkat kepedulian terhadap sesama. misalnya sebagai mahasiswa kita harus bersikap ramah kepada teman-teman di lingkungan kampus maupun kepada masyarakat di luar kampus, dan juga kita harus gemar/suka melakukan kegiatan kemanusiaan seperti membantu korban bencana alam, contohnya : menggalang dana untuk korban gempa di ambon,melakukan pembagian masker di kawasan yang terkena dampak asap.

    Pada sila ke -3 yang berbunyi “Persatuan Indonesia” mengandung arti bahwa kita harus menjunjung tinggi semboyan bangsa Indonesia yaitu Bhineka Tunggal Ika, jangan pernah membeda-bedakan suku maupun agama orang lain, agar kasus rasisme terhadap mahasiswa papua tidak terjadi lagi,karena walaupun kita berbeda –beda kita tetap satu yaitu bangsa INDONESIA. sikap kita sebagai mahasiswa yaitu bangga dan cinta terhadap tanah air, selalu memprioritaskan kepentingan bangsa diatas kepentingan pribadi.


     
    Pada sila ke- 4 “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan”. artinya setiap keputusan yang menyangkut kehidupan masayarakat harus melalui musyawarah mufakat sebab bangsa Indonesia menerapkan prinsip demokrasi (masyarakat berhak menyampaikan aspirasi nya kepada pemerintah/kebebasan dalam berpendapat). oleh karena itu sebagai mahasiswa yang berintelektual kita tidak boleh memaksakan kehendak kita kepada orang lain,selalu mengedepankan musyawarah terutama saat berorganisasi dalam forum, serta menghargai hasil musyawarah.


     
    Dalam sila ke-5 “Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia” maksudnya bahwa kita harus bersikap adil dengan tidak memaksakan kehendak kita kepada orang lain, menumbuhkan rasa kekeluargaan serta menjalin kerja sama dalam kehidupan bermasyarakat. Sebagai mahasiswa kita harus menjunjung tinggi nilai kekeluargaan, menghargai pendapat orang lain, bersikap adil dalam mengambil keputusan, jangan sampai merugikan orang lain.

    Oleh karena itu Sebagai mahasiswa sudah menjadi tanggung jawab kita dalam membanggakan lingkungan sekitar, dirimu sendiri, maupun Universitasmu, jangan melakukan hal-hal yang memperburuk citramu dan universitasmu, contohnya saja jangan melakukan demonstrasi, tawuran antar mahasiswa, tunjukkan bahwa mahasiswa sekarang memiliki prestasi dalam bidang akademik dan non akademik, sehingga masyarakat tidak memandang mahasiswa sebagai seseorang yang suka demo ataupun tawuran.

    Selain itu, Peran mahasiswa dalam masa pandemi juga berupaya membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penularan Covid-19 dengan melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat soal Covid-19 dengan melalui baik medsos maupun langsung "tandasnya.


    (Mataram)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini