-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Cara Buat Kartu Keluarga Sejahtera agar Bisa Dapat BLT BPNT Rp200 Ribu Tahun 2021 dari Kemensos

    Kamis, 07 Januari 2021, Januari 07, 2021 WIB Last Updated 2021-01-07T04:45:24Z

    Ads:

    Ilustrasi

    Tebing Tinggi, indometro.id -- Program BLT Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Rp200 ribu telah diluncurkan Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos).

    Masyarakat Pengguna Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Kartu KKS dapat  menggunakannya untuk mendapatkan dana BLT Rp200.000 dari Kemensos RI. /kemsos.go.id

    BLT BPNT ini merupakan program yang dikenal sebagai program Kartu Sembako atau  ada juga yang bilang Program Raskin dan Bansos BPNT ini juga merupakan salah satu program yang diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).


    Anggaran yang telah ditargetkan oleh Kemensos untuk bansos BPNT ini ialah sebesar Rp42,5 triliun.. Dan Program Kartu Sembako/BPNT ini akan menjangkau 18,8 juta KPM dengan indeks Rp200 ribu/bulan/KPM.

    Program BPNT Rp200 ribu ini benar diberikan kepada masyarakat yang sudah mempunyai Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), akan tetapi, bagi yang belum mempunyai KKS tidak perlu khawatir. Berikut ini cara membuat KKS agar dapat bansos BPNT Rp200 ribu tahun anggaran 2021 dari Kemensos.

    1. Pendaftararan dilakukan secara langsung ke aparat pemerintah daerah setempat seperti RT/RW atau ke Kantor Kelurahan/Desa. dan Tidak ada pendaftaran secara online.

    2. Setelah itu Anda akan mendapatkan surat pemberitahuan berisi teknis pendaftaran di tempat yang telah ditentukan.


    3. Jangan lupa untuk membawa data pelengkap seperti KTP, NIK, Kartu Keluarga (KK), dan Kode Unik Keluarga dalam Data Terpadu.

    4. Kemudian data akan diproses oleh Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA), kantor kelurahan, dan kantor Pemerrintah Kabupaten/Kota.

    5. Bila berhasil diverifikasi, nantinya akan dibuatkan rekening bank dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

    6. Pencairan dana Rp 200 ribu akan  ditransfer langsung ke nomor rekening pemegang KKS. Bank penyalur dana bansos Jabodetabek ialah Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Tabungan Negara (BTN).

    Ada juga bansos Januari 2021 yang akan disalurkan langsung oleh petugas PT Pos Indonesia karena tidak semua pemegang KKS dapat mengaksesnya melalui bank.

    Sementera itu, terkait penyalurannya, bansos BPNT Rp200 ribu ini akan diberikan setiap satu bulan sekali dari Januari hingga Desember 2021.

    Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengatakan terkait persiapan penyaluran bansos, pemerintah memberikan perhatian khusus terhadap penggunaannya dan Pemerintah menyiapkan alat yang bisa memantau pembelanjaan uang tersebut.

    (SKN.53)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini