Ticker

6/recent/Ticker-posts

Deputi IPK-LIPI Resmikan Pusat Cindramata Lurik Klaten

Dr. Esti Ismawati


Riau .indometro.id -  Deputi Ilmu Pengetahuan Kebumian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesai (IPK- LIPI) Jakarta, Ocky Karna Radjasa meresmikan pusat  cinderamata lurik Klaten orientasi penelitian. Prosesi acara yang didanai oleh Kementrian Riset dan Teknologi Brin 2019-2021 berjalan lancar.

"Kedepan orientasi penelitian diarahkan semaksimal mungkin dapat menyelesaikan masalah yang ada di tengah masyarakat," kata Deputi IPK-LIPI Klaten, Ocky Karna Radjasa di Kalten, Selasa (27/10).

Ia mengatakan, sejumlah pihak menaruh harapan besar pada Cindramata Lurik (CL) kedepan, karena dinilai sangat bermanfaat dapat meningkatkan kesejahteran. Program yang dilakukan oleh Tim Penelitian Pengembangan Universitas Widya Dharma Klaten yang diketuai oleh Dr. Esti Ismawati merupakan bukti  nyata dapat menuntaskan berbagai keluhan dan salah satu peluang ekonomi. 

Lurik ini selain bermanfaat bagi penelitian juga bisa dijadikan sarana konsultasi umum untuk menyelesaikan berbagai persolan yang timbul. Oleh karena itu, dukungan semua pihak agar program yang diluncurkan berjalan optimal.

"Mari semua pihak memanfaatkan potensi cinderamata lurik ini,"sebutnya.

Terpisah, Ketua Peneliti Esti Ismawati mengatakan, produk yang diluncurkan merupakan bagian dari penelitian tentang lokal wisdom. lurik Klaten yang sudah ada sejak 1938 hingga sekarang penuh dengan muatan nilai - nilai kearifan lokal, mulai dari pewarnaan, pengeklosan dan penyekiran hingga penenunan.

Semua itu, berujung pada nilai kebersamaan, kegotongroyongan dan kesederhanaan serta kemandirian, yang dipandang perlu dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa khususnya di masa pandemi ini.

" Hasil penelitian selama dua tahun telah menghasilakan motif, desain dan merek dagang," ujarnya.

Selain itu, ada hak paten khusus yakni ATBM sistem dua arah, hak buku kearifan lokal dalam Wedhatama dan semua bernilai tinggi. Bahkan berharap berharap semoga penelitian berjalan lancar hingga 2021 mendatang.

" Dengan mengeklik link http/pusatcinderamatalurikklaten/shop Ocky , semua pihak dapat diketahui secara mudah dan luas," pintanya. 

(Asri)

Artikel Terkait