-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Pengrajin Warga Cikembar Kabupaten Sukabumi, Tembus ke Luar Negeri

    redaksi
    Sabtu, 06 Juni 2020, Juni 06, 2020 WIB Last Updated 2020-06-06T02:30:27Z

    Ads:

    foto : pengerajinan hasil warga sukabumi

    Sukabumi, indometro.id - Meski ditengah Pendemi coronavirus atau Covid-19, pengrajin sapu ijuk di Kampung Neglasari, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi masih tetap bertahan dan konsisten produksinya.Salah satu pengrajin, dan juga pemilik, Asep (51) mengatakan, selama pandemi corona pengrajin atau pekerjanya tidak pernah berhenti produksi.“Ya, Allhamdulillah tetap produksi meskipun kondisi sedang pandemi covid-19,” kata Asep , Jum’at (5/6/20).

    Asep mengaku, sudah puluhan tahun bergelut dengan kerajinan sapu ijuk. Tak ayal, saat ini Ayah tiga orang anak tersebut memiliki tempat pembuatan sapu ijuk dan tiga orang pekerja.“Ada tiga orang pekerja atau pengrajin. Untuk hasilnya perhari diperkirakan 300 biji sapu ijuk dan untuk upah karena kerjanya borongan, atau dihitung dari hasil pendapatan, diperkirakan upah Rp150 ribu per-hari,” ujarnya.

    Lanjut Asep, sapu ijuk adalah salah satu kerajinan yang tidak kenal musim dan tidak kalah dengan prodak modern. Karena, sapu ijuk tidak pernah lembab meski terkena air dan tidak gampang rusak. Untuk pemasarannya Asep bekerja sama dengan pengepul yang memasarkan ke Luar Negri,

    “Disini hanya produksi dari bahan mentah hingga menjadi sapu ijuk. Kemudian, dikirim ke gudang atau pengepul besar, selanjutnya dikirim ke Taiwan,” imbuhnya.(Anwar Kadapi)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini