Ticker

6/recent/Ticker-posts

Pasca-Kerusuhan, Lapas Tuminting Manado Dalam Tahap Pemulihan

Lapas Tuminting pasca-kerusuhan
JAKARTA, indometro.id - Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, Nugroho mengungkapkan bahwa kondisi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tuminting, Manado, Sulawesi Utara yang dilanda kerusuhan sudah berangsur pulih.
"Saat ini Lapas Manado sedang dalam tahap pemulihan, baik rehabilitasi fisik bangunan maupun warga binaannya sendiri,” kata Nugroho dalam keterangan pers yang diterima indometro.id, Senin (13/4/2020).
Nugroho menyebut, akibat kerusuhan tersebut, sejumlah fasilitas di area Lapas mengalami kerusakan dan terbakar. Nugroho menyatakan sejumlah fasilitas yang rusak dan terbakar itu di antaranya, Blok hunian narapidana yaitu Blok D, Blok E dan Blok F yang diperuntukkan untuk Mapenaling (masa pengenalan lingkungan), narapidana Tipikor (Tindak pidana tipikor) dan narapidana Narkoba, Poliklinik, Kantin dan Bengkel Kerja. Sedangkan Blok HUnian A, B dan C, gedung perkantoran, dapur serta ruang registrasi relatif masih dalam kondisi baik.
"Perlengakapan senjata api lapas tetap terjaga dan aman. Alhamdulillah kondisi sudah aman dan kondusif," ujar Nugroho.
Menurut Nugroho, saat ini pihaknya sedang menginventarisir kerusakan dan kerugian, untuk segera dilakukan perbaikan dan rehabilitasi. Dengan demikian, sejumlah fasilitas yang rusak dapat segera dipergunakan kembali.
"Paling tidak seperti sebelum terjadinya kerusuhan," tutup Nugroho.

Berita ini sudah terbit di OKEnews