-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    WADUH...Danau Toba Meluap, 2 Rumah Rusak dan 2 Hanyut Tergerus Ombak, Perahu Nelayan Terlempar Hingga Ketinggian 5 Meter

    redaksi
    Jumat, 14 Desember 2018, Desember 14, 2018 WIB Last Updated 2018-12-14T03:33:54Z

    Ads:

    Perairan Danau Toba meluap, 4 rumah rusak, 2 diantaranya hanyut.
    TOBASA, INDOMETRO.IDPermukaan air Danau Toba tiba-tiba meluap luar biasa mengakibatkan 2 rumah warga yang berada di pinggir danau tawar itu rusak, dan 2 lagi hanyut tergerus ombak. Perahu nelayan juga terhempas ke pegunungan hingga ketinggian 5 meter.
    Keempat rumah yang rusak dan hanyut itu berada di Desa Horsik, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara.

    Kepala Desa Horsik, Nurly Sirait, Kamis dini hari (13/12 /2018) sekitar pukul 02.20 Wib, menerangkan, permukaan air Danau Toba tiba-tiba meluap, hingga menghantam ketiga rumah warganya itu.
    BACA JUGA:

    Luapan air danau tawar itu katanya, mencapai ketinggian 3 meter disertai ombah besar. Hal seperti itu selama ini katanya jarang terjadi.

    Mengetahui ombak besar disertai luapan air yang cukup tinggi, warga pun berhamburan ke luar rumah dan berteriak sembari menyelamatkan diri. Mereka takut terjadi bencana yang tak diinginkan.


    “Sekitar pukul 02.20 Wib, tiba-tiba air Danau Toba mengalami kenaikan yang tidak wajar hingga 3 meter, bagai gelombang tsunami. Masyarakat sekitar keluar rumah sembari berteriak dan menyelamat diri ke tempat yang lebih tinggi,” terang Nurly kepada media online, Kamis (13/12/2018).


    Nurly Sirait lebih lanjut menjelaskan, setelah masyarakat keluar rumah dan menyelamatkan diri ke tempat yang lebih tinggi, sekira pukul 02.30 Wib, tiga unit rumah milik warga itu pun roboh hingga terbawa arus danau.
    Kuatnya gelombang air itu, tak mampu dibendung, bahkan tembok penahan air pun pecah dan sampan yang berada di pinggir Danau Toba terhempas ke atas gunung hingga di ketinggian 5 meter.


    Pemilik rumah roboh sebut Nurly Sirait, Appen Situmorang (50 ), Manotar Sidabalok (58), Delima Sidabalok (65) dan Mulaoskar Situmorang (70). 


    Tidak ada korban jiwa, namun Delima Sidabalok mengalami luka ringan di bagian kepala dan pundak, akibat tertimpa material rumah serta dievakuasi ke Puskesmas Ajibata.(bktpers)
     


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini