-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Ini Sebab Setengah Juta Warga Korsel Mau Jadi Ahli Cicip Ayam Goreng

    redaksi
    Kamis, 02 Agustus 2018, Agustus 02, 2018 WIB Last Updated 2018-08-02T09:43:38Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh
    image_title
    Selebritas Korsel, Park Su-hong, mengumumkan dimulainya ujian ahli cicip ayam goreng sembari mengacungkan bantal berbentuk ayam goreng. - Courtesy of Woowa Brothers


    INDOMETRO.ID-Akhir pekan lalu sebanyak 500 orang berkumpul di sebuah hotel di Seoul untuk menghadapi ujian untuk meraih sertifikat resmi sebagai ahli cicip...ayam goreng.
    Ratusan orang itu adalah mereka yang sudah berhasil melewati ujian awal dan mengalahkan 570.000 peserta lainnya dalam kompetisi `chimmelier,”gabungan `chicken` dan `sommelier

    Ujian ahli cicip ayam goreng tersebut digelar sebuah pengembang aplikasi bernama Woowa Brothers Corp. Isi ujiannya meliputi 30 pertanyaan tertulis, lima tes mendengar, dan 10 tes praktik.
    Sebagai contoh, para kandidat diminta menebak berapa jumpa sayap ayam yang sedang digoreng hanya dengan mendengar suaranya saat digoreng.
    Kotak misteri: Para peserta harus menebak 10 bagian ayam goreng berdasarkan bentuknya, aromanya, warnanya, dan rasanya. - Courtesy of Woowa Brothers
    Ada pula ujian panca indera. Dengan mata tertutup, para peserta harus mencocokkan 10 bagian ayam goreng berdasarkan merk-nya dan namanya. Hal ini tentu memerlukan pengetahuan luas mengenai menu sejumlah perusahaan makanan.
    Sedemikian beratnya ujian ini, tahun lalu hanya 119 orang yang mendapat sertifikat ahli cicip.
    Rahasia agar ayam goreng bisa sangat lembut dan renyah sehingga disukai warga Korea adalah menggorengnya dua kali. - AFP
    "Ayam goreng sangat populer di Korea Selatan," kata Kevin Kim dari BBC Korea.
    "Daging sapi cukup mahal, sedangkan dengan meningkatkan bisnis antar makanan dan aplikasi ponsel, ayam goreng menjadi pilihan," imbuhnya.
    Sebuah laporan media di Korsel tahun lalu memperkirakan ada sebanyak 36.000 lapak penjual ayam goreng di Korsel--hampir setara dengan jumlah restoran McDonald`s di dunia. Karena itu, dapat dipahami bahwa persaingan bisnis ayam goreng di Korsel amat ketat.
    Lapak di pinggir jalan dan perusahaan besar bersaing mendapatkan pelanggan. - Getty Images
    Menurut Jin Ryu selaku direktur komunikasi Woowa Brothers yang berada di balik aplikasi antar makanan terbesar di Korsel, Baedal Minjok pihaknya menangani 20 juta pesanan setiap bulan dan 20%-30% di antaranya adalah ayam goreng.
    Gagasan untuk merilis sertifikat ahli cicip, menurutnya, adalah bukti betapa berhasratnya perusahaan-perusahaan untuk tampil beda dalam persaingan merebut pelanggan.
    Seorang ayah menggendong anaknya sembari mengikuti ujian ahli cicip ayam goreng. - Courtesy of Woowa Brothers
    Lalu apa yang mendorong lebih dari setengah juta orang untuk mengikuti ujian ahli cicip ayam goreng?
    "Kami juga tidak sepenuhnya paham mengapa banyak orang mengikuti ujian dan menanggapi acara yang tampaknya tidak masuk akal ini," aku Jin Ryu.
    Namun, dia mengajukan hipotesis yang menarik. Menurutnya dalam ujian itu terkandung konsep " ", yaitu suatu hal remeh namun pasti menggembirakan.
    "Akhir-akhir ini kaum muda merasa frustrasi karena mereka sepertinya tidak mampu membeli rumah yang layak," papar Jin Ryu.
    "Generasi orang tua kita menyimpan gaji mereka selama berpuluh tahun, namun mampu membeli rumah pada akhirnya. Pada akhir milenium, orang-orang lebih berfokus pada hal-hal kecil tapi bisa tercapai," sambungnya.
    ontoh konsep `hal remeh namun pasti menggembirakan` adalah menyantap roti yang baru selesai dipanggang. - Getty Images
    Jin Ryu menambahkan bahwa pergeseran dalam masyarakat masa kini bisa menjelaskan ketidakmasukakalan dan keanehan acara-acara seperti yang digelar perusahaannya.
    Masalah dengan ayam
    Sekedar peringatan sebelum Anda memutuskan mengikuti ujian ini. Di Korea Selatan ada mitos bahwa pelari terkenal dunia, Usain Bolt, menjadi korban ayam goreng selagi dia berupaya mempertahankan predikat `pelari tercepat di dunia` pada Kejuaraan Dunia Atletik di Daegu pada 2011.
    da mitos bahwa pelari terkenal dunia, Usain Bolt, menjadi korban ayam goreng selagi dia berupaya mempertahankan predikat `pelari tercepat di dunia` pada Kejuaraan Dunia Atletik di Daegu pada 2011. - AFP
    Bolt didiskualifikasi akibat melakukan awalan yang salah pada lomba lari 100 meter. Banyak kalangan yang berspekulasi saat itu bahwa penyebabnya adalah ayam goreng yang diantarkan ke kamar hotelnya.
    Ayam goreng tersebut sedemikian lezat sehingga Bolt tidak mampu menunjukkan performa terbaiknya. Restoran ayam goreng pembuat hidangan tersebut kemudian menjanjikan bakal memberikan ayam goreng secara gratis kepada Bolt selama sepekan penuh.
    Lalu siapa pemenang kompetisi ahli cicip ayam goreng Korsel? Panitia memutuskan untuk mengumumkannya bulan depan.(vv)https://www.viva.co.id/berita/dunia/1060474-ini-sebab-setengah-juta-warga-korsel-mau-jadi-ahli-cicip-ayam-goreng

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini