Jakarta, Indometro.id — Guru besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI), Prof. Rhenald Kasali, Ph.D, memberikan apresiasi tinggi terhadap konsep bisnis digital yang dipresentasikan oleh Direktur Utama PT Panorama Alam Flores (PAF), Selvianus Sendo, AMd, SE, MM, dalam sesi dialog santai bertajuk Ngobrai di Rumah Perubahan Jakarta, Selasa (pekan lalu).
Dalam kesempatan tersebut, Selvianus yang hadir bersama Komisaris PT PAF, Anggalinus Gapul, MMA, dan Public Relation, Adrian Pantur, SE, memaparkan strategi pemasaran produk Trujiva dan rokok Sin yang telah dijalankan selama dua bulan terakhir.
Menurut Selvianus, penerapan sistem algoritma dan drone marketing merupakan langkah taktis dan visioner di tengah persaingan bisnis yang kian bergeser ke ranah digital. “Kami melihat teknologi sebagai jembatan menuju efisiensi dan efektivitas pemasaran yang lebih luas,” ujar mantan bankir BUMN selama 22 tahun itu.
Mendengar penjelasan tersebut, Prof. Rhenald Kasali tampak antusias. Ia mengacungkan dua jempol sebagai bentuk apresiasi dan menilai konsep bisnis yang ditawarkan PT PAF sangat relevan dengan kebutuhan era digital saat ini.
“Saya sangat tertarik dengan konsep algoritma dan drone marketing yang disampaikan Pak Selvian. Strategi ini bukan hanya kreatif, tapi juga mampu menjangkau pasar muda dengan cara yang efisien dan hemat biaya,” ungkap Prof. Rhenald.
Guru besar ekonomi UI itu juga menekankan pentingnya kaum milenial untuk memanfaatkan platform digital sebagai ladang bisnis. Ia mendorong generasi muda untuk berani berjualan secara daring, bahkan tanpa harus memiliki produk fisik.
“Anak muda bisa mulai dari media sosial seperti Instagram, TikTok, atau Facebook Pro untuk menjual berbagai produk, termasuk kosmetik Trujiva. Cara ini efektif untuk mendapatkan penghasilan sekaligus membantu ekonomi keluarga,” ujarnya sambil menunjukkan parfum Cherry Candy, salah satu varian terlaris dari Trujiva.
Kolaborasi Akademik dan Digital Marketing
Di akhir pertemuan, Prof. Rhenald menyampaikan kesediaannya untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan bisnis kepada ribuan mahasiswa Universitas Katolik Indonesia (UKI) St Paulus Ruteng. Kegiatan ini direncanakan dalam bentuk kuliah umum hasil kolaborasi antara PT PAF dan pihak kampus.
Selvianus Sendo menambahkan, pihaknya sudah menjalin koordinasi dengan Rektor UKI St Paulus Ruteng, Dr. Agustinus Manfred Habur, terkait rencana kuliah umum tersebut. “Kami juga akan memberikan beasiswa bagi lima mahasiswa yang berhasil menunjukkan kinerja terbaik dalam program Digital Marketing Trujiva,” jelasnya.
Selain sesi akademik, Prof. Rhenald Kasali juga dijadwalkan akan berkunjung langsung ke Ruteng pada Oktober mendatang untuk membawakan kuliah umum bagi lebih dari 9.000 mahasiswa.
Tinjauan Produksi Rokok Sin
Sebelum berdialog dengan Prof. Rhenald, tim PT PAF juga melakukan kunjungan ke beberapa pabrik rokok Sin di kawasan industri Bekasi dan Bandung, Jawa Barat. Kunjungan tersebut merupakan undangan dari H. Firman Andriana Sujud, selaku owner PT Panorama Alam Sadulur (PAS)—induk perusahaan PT PAF.
“Tujuan kami mengundang tim PT PAF agar mereka memahami langsung sistem produksi rokok, mulai dari bahan baku hingga produk jadi,” terang Firman saat jamuan makan malam di kediamannya di kawasan Grand Wisata Bekasi.
Produk rokok Sin, yang kini memiliki lebih dari 47 varian rasa, mulai dari varian herbal seperti Krypto dan Krakatau hingga varian premium seperti Kujang Mas dan Sinergi, kini resmi dipasarkan oleh PT PAF di kawasan Indonesia Timur—meliputi Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Kalimantan, Papua, hingga Timor Leste.
“Rokok Sin adalah produk legal dengan pita cukai resmi. Kami yakin produk ini dapat diterima semua kalangan, dari masyarakat akar rumput hingga kelas menengah,” tambah Adrian Pantur, PR PT PAF yang juga mantan jurnalis SCTV–Indosiar ini. (****)





Posting Komentar untuk "Prof. Rhenald Kasali Apresiasi Konsep Bisnis Digital PT PAF: Inovasi Algoritma dan Drone Marketing di Era Modern"