-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Beberapa Jenis Obat Penenang atas dianjuran Dokter,Simak Yookkk

    redaksi
    Kamis, 25 April 2024, April 25, 2024 WIB Last Updated 2024-04-25T14:49:43Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh




     Indometro.id -

    “Obat penenang tidak bisa dikonsumsi sembarangan dan jangka panjang kecuali atas anjuran dokter. Ada beberapa obat penenang yang bisa dibeli dengan resep dokter di Halodoc seperti Xiety, Brintellix, Kalxetin, Depram, Kalxetin, Depram, dan Cipralex.”

    Obat penenang adalah obat-obatan golongan psikotropika yang bekerja dengan cara menekan sistem saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang). Obat ini digunakan untuk mengobati gangguan kecemasan, insomnia, hingga depresi.

    Namun, perlu diperhatikan, obat-obatan tersebut berpotensi menimbulkan ketergantungan. Itu sebabnya, siapa pun harus mengonsumsinya dengan hati-hati dan atas anjuran dari dokter. 

    Ada beberapa pilihan obat penenang rekomendasi dokter yang biasanya diresepkan. Kamu bisa simak penjelasannya pada ulasan berikut ini! 

    Berbagai Rekomendasi Obat Dokter

    Inilah beberapa obat penenang yang biasanya diresepkan oleh dokter dan penggunaannya pun atas anjuran dokter:

    1. Xiety 10 mg 10 Tablet

    Pilihan obat penenang rekomendasi dokter pertama adalah Xiety 10 mg 10 Tablet. Obat ini mengandung Buspirone hcl yang berguna untuk mengatasi gangguan kecemasan umum dan gejala ansietas nonspesifik dengan atau tanpa depresi. 

    Obat tidak dapat dibeli secara bebas dan harus dengan resep dokter. Untuk itu, dosis penggunaannya juga atas anjuran dari dokter. 

    Penggunaan obat ini perlu diwaspadai pada orang dengan masalah kesehatan tertentu. Contohnya, glaukoma sudut sempit akut, ketergantungan obat, gangguan ginjal/hati, hingga miastenia gravis. 

    2. Brintellix 10 mg Tablet

    Brintellix adalah pilihan obat penenang yang mengandung zat aktif vortioxetine. 

    Obat ini termasuk ke dalam kelompok obat antidepresan yang berguna untuk mengurangi berbagai gejala depresi, termasuk kesedihan, perasaan cemas, gangguan tidur, berkurangnya nafsu makan, sulit berkonsentrasi, perasaan tidak berharga, hingga hilangnya minat dalam berbagai kegiatan. 

    Obat ini bukan untuk digunakan oleh anak dan remaja di bawah 18 tahun. Meski begitu, usia di atas 18 tahun juga tidak boleh secara bebas mengonsumsinya. 

    Pastikan kamu menggunakannya berdasarkan anjuran dan resep dari dokter. Hal ini mengingat efek samping yang ditimbulkan sangat serius bila dikonsumsi sembarangan. 

    3. Kalxetin 10 mg 10 Kapsul

    Kalxetin adalah obat penenang yang mengandung zat aktif dari golongan SSRI (Selective Serotonin Reuptake Inhibitors), yakni fluoxetine. Fluoxetine bekerja menghambat reuptake serotonin pada celah sinap pada sistem saraf pusat. 

    Obat ini biasanya diresepkan dokter untuk mengobati berbagai masalah kesehatan, mulai dari depresi, OCD (Obsessive-Compulsive Disorder), hingga Bulimia nervosa. 

    Meski digunakan untuk mengobati keluhan pada sistem saraf pusat, ternyata obat ini justru dapat memperparah kondisinya bila tidak sesuai anjuran dokter. 

    4. Depram 10 mg Tablet

    Pilihan obat penenang yang juga dapat mengatasi gangguan kecemasan, depresi, hingga gangguan panik adalah Depram 10 mg Tablet. Kandungan dari obat ini yaitu Escitalopram oxalate yang termasuk golongan SSRI. 

    Obat ini bekerja pada sistem serotonin di otak dengan cara meningkatkan kadarnya. Serotonin adalah zat kimia dalam tubuh yang berfungsi dalam mengendalikan emosi dan suasana hati seseorang.

    Perlu diwaspadai, jika kamu juga sedang mengonsumsi obat penenang lainnya, pastikan untuk memberitahu dokter segera. Sebab, penggunaan obat ini harus mendapatkan anjuran dari dokter. 

    5. Kalxetin 20 mg 10 Kapsul

    Kalxetin adalah obat penenang yang dapat mengatasi masalah yang berhubungan dengan depresi, OCD, gangguan disforik pramenstruasi, dan Bulimia nervosa. 

    Obat ini mengandung zat aktif fluoxetin yang hanya bisa kamu beli dengan resep dokter. Sebab, penggunaannya dapat memengaruhi sistem saraf pusat secara keseluruhan. 

    Jadi, pastikan untuk tidak menggunakannya dengan sembarangan. 

    6. Depram 20 mg Tablet

    Obat penenang selanjutnya adalah Depram 20 mg Tablet. Obat ini merupakan golongan dari obat SSRI yang bekerja menghambat reuptake serotonin, sehingga dapat mengatasi gangguan kecemasan, panik, hingga depresi. 

    Siapa pun tidak bisa mendapatkan Depram 20 mg secara bebas. Sebab, termasuk golongan psikotropika yang hanya bisa didapatkan dengan resep dokter. Bahkan, selama penggunannya kamu perlu mendapatkan pemantauan khusus untuk memonitoring efek sampingnya. 

    Obat ini dikontraindikasikan bagi pengidap epilepsi yang tidak stabil. Kamu juga harus memberitahu dokter bila sedang mengonsumsi obat penenang lainnya. 

    7. Cipralex 20 mg Tablet

    Cipralex 20 mg Tablet adalah rekomendasi obat penenang yang juga biasanya diresepkan dokter. Mekanisme kerjanya yaitu dengan meningkatkan kadar hormon serotonin di dalam otak.

    Gunanya adalah untuk mengatasi gangguan kecemasan, depresi, dan gangguan panik. 

    Obat penenang ini hanya bisa kamu dapatkan dengan resep dokter di apotek. Jadi, pastikan digunakan sesuai dengan saran dan anjuran dokter. 

    Itulah pilihan obat penenang yang biasanya direkomendasikan oleh dokter. Kamu bisa dapatkan obat-obatan di atas atas rekomendasi dokter.

    Sumber ; Halodoc


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini