-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Dharma Santi Korps Brimob, Fragment Yadnya Parikrama Tampil Memukau

    Idewa Adiyadnya
    Minggu, 24 Maret 2024, Maret 24, 2024 WIB Last Updated 2024-04-01T08:01:09Z

    Ads:

     

    Sekitar 1200 orang mengikuti Dharma Santi Nyepi Tahun Baru Saka 1946/2024 Umat Hindu Korps Brimob Polri bersama Banjar Purna Widya 

    Jakarta, Indometro.id-

    Dharma Santi yang diinisiasi dari arahan Komjen Pol. Drs. Imam Widodo, M.Han selaku Komandan Korps Brimob sukses menampilkan fragment tari berjudul Yadnya Parikrama bertempat di Gedung Satya Haprabu Korps Brimob Polri Kelapadua Depok pada Sabtu, 23/03/2024.

     

    Fragment tari Yadnya Parikrama yang tampil memukau diiringi gemuruh tepuk tangan hadirin ini menceritakan rangkaian Hari Suci Nyepi. Diawali dengan upacara melasti, pelaksanaan Tawur Agung, serta Pengrupukan dengan mengarak ogoh-ogoh.

     BACA JUGA: Ogoh Ogoh Nyepi 2024 Siap Ramaikan Jakarta, Catat Tanggalnya!

    Diceritakan dalam fragment tari yang menyuguhkan perpaduan harmoni antara gerak tari, kekidungan, dan gamelan, bahwa setelah prosesi Tawur Agung dan Pengrupukan, esoknya dilanjutkan dengan Nyepi, lalu hari keberikutnya disebut Ngembak Geni.


     

    Hadir dan memberikan sambutan Komjen Pol. Drs. Imam Widodo, M.Han. selaku Komandan Korps Brimob Polri


    Dilaporkan oleh wartawan Indometro.id-, panitia acara menginformasikan bahwa fragment tari ini melibatkan 134 orang warga Banjar Purna Widya. Kolaborasi organisasi di bawah naungan pengempon Pura Dalem Prajapati Purna Pralina Korps Brimob Polri.

     

    Organisasi yang terdiri dari Sekeha Gong, Sekeha Santi, Sanggar Tari, dan Pasraman Purna Widya Kelapadua Cibubur dan Sekitarnya.

     BACA JUGA: KOMPAK! Dewan Pengurus Nasional KITA IHC Ucapkan Selamat Hari Raya Galungan

    Dalam laporan Ketua Panitia Dharma Santi Nyepi Tahun Baru Saka 1946/2024 Umat Hindu Korps Brimob Polri Bersama Banjar Purna Widya yang disampaikan oleh AKBP I Wayan Wayracana Aryawan S.IK. mengungkapkan rasa bahagianya karena kegiatan ini dapat terlaksana walaupun dengan waktu persiapan sangat singkat, hanya sekitar sepuluh hari.

     

    Aryawan menambahkan bahwa kegiatan yang dihadiri oleh 1200an undangan dan umat Hindu ini mengusung tema “Implementasi Dharma untuk Indonesia Jaya”, merupakan turunan dari tema Dharma Santi Nasional 2024 yaitu “Sat Cit Ananda untuk Indonesia Jaya”.

     

    “Tema memiliki makna bahwa dengan dilandasi kebenaran, kesadaran, dan kebahagiaan itulah seluruh komponen bangsa Indonesia dapat mewujudkan Indonesia Jaya”, ujarnya.

     BACA JUGA: dr. Djoti Atmodjo Nakhodai DPD KITA IHC DKI Jakarta 2024-2027

    Hadir dan memberikan sambutan Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama Republik Indonesia yaitu Prof. Dr. Drs. I Nengah Duija, M.Si., dan Komandan Korps Brimob Polri yaitu Komjen Pol. Drs. Imam Widodo, M.Han.

     

    Turut hadir Wadankorps Brimob, Pejabat Utama Korps Brimob, Pimpinan Lembaga dan Organisasi Hindu Tingkat Nasional, Tokoh Lintas Agama, Pembimas Hindu Provinsi Jawa Barat, Pembimas Hindu Provinsi DKI Jakarta, dan perwakilan dari Forum Komunikasi Pimpinan Kota Depok.


    Perwakilan dari SDHD Banjar Hitakarma Pondok Gede Kota Bekasi berpose bersama Dirjen Bimas Hindu Kemenag RI, Prof. Dr. Drs. I Nengah Duija, M.Si.



    Kegiatan Dharma Santi ini juga tutut mengundang para pimpinan dan perwakilan dari lembaga keumatan Hindu bebasis wilayah yang disebut Suka Duka Hindu Dharma (SDHD). Organisasi SDHD keberadaannya untuk meningkatkan kesadaran umat dalam beragama, peduli terhadap kehidupan bermasyarakat yang saling bantu membantu, serta saling tolong-menolong dalam suka dan duka.

     

    Adapun perwakilan dari organisasi SDHD yang hadir yaitu SDHD Banjar Jakarta Pusat, SDHD Banjar Jakarta Timur, SDHD Banjar Jakarta Barat, SDHD Banjar Jakarta Utara, dan SDHD Jakarta Selatan.


    Para Ketua SDHD dari Jakarta, Banten, Bogor, Depok, Bekasi dan Karawang menghadiri undangan Dharma Santi Nyepi Tahun Baru Saka 1946/2024 Umat Hindu Korps Brimob Polri bersama Banjar Purna Widya

    BACA JUGA: Inilah Sosok Dirjen Pendidikan Tinggi yang Dilantik Hari Ini

    SDHD Depok, SDHD Kota Bekasi, SDHD Kabupaten Bekasi, SDHD Banjar Hitakarma Pondok Gede Kota Bekasi, SDHD Banjar Ciangsana Kabupaten Bogor, SDHD Banjar Cibinong Kabupaten Bogor, SDHD Banjar Bogor, serta SDHD Banjar Karawang merupakan perwakilan dari Provinsi Jawa Barat.

     

    Dari Provinsi Banten turut hadir yaitu SDHD Banjar Ciledug Kota Tangerang, SDHD Banjar Tangerang, SDHD Banjar Tangerang Selatan, SDHD Banjar Rempoa Kota Tangerang Selatan, SDHD Banjar Tigaraksa Kabupaten Tangerang, dan SDHD Banjar Eka Wira Ananta Kota Serang. 

    (Dewa / idewa Adiyadnya ).

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini