Jelang HUT RI, 30 Calon Paskibraka Kabupaten Indramayu Tingkatkan Intensitas Latihan

Daftar Isi

Indramayu,indometro.id

Guna memahami dan menghayati tugas yang diemban menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) 17 Agustus mendatang.


Sebanyak 30 anggota calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Indramayu yang telah lolos melalui seleksi daring mulai meningkatkan intensitas latihan.


Dikatakan Kepala Bidang Idelogi dan Wawasan Kebangsaan Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Indramayu Soimalia, penguatan intensitas latihan Paskibraka dilakukan meliputi lapangan Sport Center Indramayu, Halaman Pendopo dan Bakesbangpol Indramayu dengan melibatkan pelatih dari unsur TNI, POLRI dan gabungan senior paskibraka.


Soimalia mengemukakan, rangkaian latihan yang terdiri dari pendidikan latihan dasar (diklatsar) dan pemusatan pendidikan latihan dasar (Pusdiklatsar) bertujuan untuk melatih dan mendidik para calon paskibraka sehingga dapat memiliki jiwa nasionalisme, mental yang kuat, sikap kepemimpinan dalam diri anggota, serta membangun jiwa solidaritas dan jiwa korsa.


“Kami sudah mulai meningkatkan intensitas latihan, mengingat sebentar lagi menjelang HUT RI. Bahkan sabtu tanggal 15 kemarin kami sudah melakukan latihan di lapangan sport center bersama prajurit TNI dari Batalyon Arhanudse 14 mulai dari jam 7.30 WIB sampai jam 16.30 WIB,” ungkapnya


Dijelaskan Soimalia, para calon paskibraka tersebut akan resmi dinyatakan sebagai paskibraka setelah berhasil bertugas menaikan bendera pusaka pada tanggal 17 agustus. Selain itu, calon paskibraka juga akan mendapat Pelatihan Ideologi Pancasila (PIP) dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP)


“Sekarang masih calon, resmi dinyatakan sebagai paskibraka setelah melaksanakan tugas. Mereka juga akan mendapatkan sertifikat dari ibu bupati serta bagi yang lulus mengikuti pelatihan ideologi Pancasila akan mendapatkan sertifikat Duta Pancasila Paskibraka Indonesia (DPPI),” jelasnya.


Sementara itu, Plt. Bakesbangpol Kabupaten Indramayu, Suwenda menyampaikan, pelatihan paskibra tersebut mendapat dukungan dari berbagai pihak termasuk Bupati Indramayu Nina Agustina serta Pj. Sekda Kabupaten Indramayu Aep Surahman.


“Alhamdulillah latihan ini mendapat perhatian dan dukungan dari ibu bupati dan pak sekda yang disampaikan melalui pemberian bantuan tambahan snack untuk penyemangat latihan,” ujarnya


Dalam kesempatan yang sama, Plt. Bakesbangpol berpesan kepada calon paskibraka agar dapat selalu berlatih dengan semangat dan bersungguh-sungguh serta penuh disiplin sehingga pelaksanaan upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI tahun 2023 tingkat Kabupaten Indramayu dapat berjalan dengan khidmat dan lancar.


“Harus berlatih sungguh-sungguh, supaya nanti bisa lancar dan sukses saat pelaksanannya,” pesannya. 

(MT jahol)

Posting Komentar

banner image
Ads:

banner image
JustMarkets