-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Pemdes Paubekor Seleksi Pengurus BUM Desa Periode 2022-2027

    Jumat, 16 Desember 2022, Desember 16, 2022 WIB Last Updated 2022-12-25T18:30:08Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh
    Penjabat Kepala Desa Paubekor, Maria Nona Kesna, memantau pelaksanaan seleksi Calon Pengurus Bum Desa. 

    Maumere, indometro.id- Pemerintah Desa Paubekor Kecamatan Koting Kabupaten Sikka kembali menujukan komitmennya menghadirkan Badan Usaha Milik Desa atau dikenal dengan BUM Desa. 


    Salah satu komitmen itu diwujudkan dalam bentuk pelaksanaan Seleksi Calon Pengurus BUM Desa yang berlangsung selama sehari pada Jumat, (16/12/2022) bertempat di Aula Kantor Desa Paubekor. 


    Calon pengurus diseleksi untuk menempati jabatan Pelaksana Operasional, Manager Unit dan Pengawas tahun anggaran 2022-2027.


    Sebelumnya, Pemerintah Desa melalui Panitia BUM Desa telah menyelesaikan Pengkajian Kelayakan Usaha dan berhasil menentukan jenis usaha perdagangan Kios Distributor. Tujuan seleksi ini adalah menemukan calon pengurus yang berkualitas, profesional  dan bertanggung jawab dalam pengelolaan BUM Desa. 


    Kegiatan dibuka langsung oleh Penjabat Kepala Desa Paubekor dan dihadiri Pemerintah Kecamatan Koting, Badan Permusyatan Desa (BPD), Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Tenaga Pendamping Profesional. Sedangkan, peserta yang mengikuti seleksi tersebut berjumlah 7 orang.


    Penjabat Kepala Desa Paubekor, Maria Nona Kesna, dalam sambutannya mengatakan pengurus BUM Desa diharapkan mampu bekerjasama dan terbuka baik terhadap Pemerintah Desa maupun Lintas Sektor. 


    'Saya harapkan setelah seleksi ini dan setelah bekerja, saya hanya minta satu yaitu kita kerjasama dan keterbukaan antara BUM Desa yang ada dengan Pemerintah Desa dan dengan Lintas Sektor yang lain', ungkapnya. 

    Foto bersama usai kegiatan

    Ia menambahkan, karena jumlah pelamar sesuai dengan kuota yang dibutuhkan yakni 7 orang maka proses seleksi tersebut dimaksudkan hanya untuk menguji kelayakan dalam penempatan jabatan. Penempatan jabatan tersebut meliputi 3 orang Pelaksana Operasional, 1 orang Manager Unit dan 3 orang Pengawas. 


    'Karena jumlah pelamar sesuai kuota maka proses seleksi ini dimaksudkan guna menguji kelayakan penempatan jabatan, meliputi 3 orang Pelaksana Operasional, 1 orang Manager Unit dan 3 orang Pengawas', tambahnya. 

    Sekretaris Camat Koting, Thadeus Pega, memberikan motivasi kepada calon pengurus BUM Desa bahwa bekerja di BUM Desa harus berpikir untung atau profit motif. Ia mencontohkan, ketika kita menjual barang maka harus mendapatkan untuk atau profit. Sebab, aktifitas BUM Desa nantinya juga akan dibiayai dari keuntungan yang diperoleh. 


    'Bekerja di BUM Desa harus berpikir untung, profit. Kalo kita menjual barang tidak mendapatkan untung, itu misi yang salah, bekerja harus mendapatkan untung. Sebab, aktivitas kita tidak dibiayai, biaya dari keuntungan', ujarnya. 

    Salah satu peserta menyampaikan pidato

    Ia juga juga mengatakan bahwa ketika pengurus mulai bekerja tentu akan membutuhkan upah. Di mana, upah pengurus diperoleh dari profit atau keuntungan. Oleh karena itu, ia menyarankan agar BUM Desa memiliki banyak usaha. 


    'Di BUM Desa sebaiknya memiliki banyak usaha. Karena ketika 7 orat ini mulai bekerja akan membutuhkan upah dari kerja. Profit motif itu mau mengatakan kepada kita bahwa biaya yang dikeluarkan harus seimbang, harus lebih banyak mendapatkan keuntungan. Kita tidak bisa makan pokok, karena tradisional kita disini, pokoknya sedikit makan lagi pokok yang akan datang akhirnya minus.', harapnya. 


    Proses seleksi dibagi dalam tiga tahap. Tahap pertama seleksi tertulis yang memuat 40 soal pilihan ganda dan 10 soal essay. Tahap kedua, Uji kemahiran mengoperasikan komputer terutama program Word, Ecxel dan Power Point

    Peserta serius mengerjakan soal

    Pada tahap ini, peserta diminta membuat contoh surat undangan, termasuk merancang Kop Surat menggunakan Word Art serta meletakan logo. Kemudian, membuat tabel disertai rumus perhitungan angka dan pembuatan materi presentasi yang dilengkapi dengan pola animasi. Panitia seleksi menyediakan fasilitas komputer (laptop) bagi semua peserta.


    Selain komputer, peserta juga diuji kemampuan ber-public speaking. Para peserta diminta menyampaikan pidato bertemakan pembangunan ekonomi Des. Pengurus BUM Desa harus memiliki kemampuan berbicara, hal ini berguna dalam kaitan membangun interaksi bisnis dengan pihak lain. 


    Peserta diuji kemampuan komputer

    Dan tahap terakhir adalah seleksi wawancara. Tujuannya, menelusuri motivas dan komitmen kerja menjadi pengurus BUM Desa.


    Bertindak selaku Tim Penguji, Sekretaris Camat Koting, Thadeus Pega, Kepala Seksi AP3 Kecamatan Koting, Ecky E. Edomeko, SE, Pendamping Desa, Silvester Moan Nurak, Pendamping Lokal Desa, Margaretha Winansi. Dari unsur Perangkat Desa terdiri dari Sekretaris Desa, Maria Dua Lise, Kepala Urusan Perencanaan, Yosep Aminudin dan Kepala Seksi Pelayanan, Lurens Lehan. (T/MM). 




    Komentar

    Tampilkan

    Terkini