-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Smk Negeri 1 Baktiya Barat Sukseskan Acara Pameran P5BK Dan Raih Dampak Positif Bagi Peserta Dan Siswa

    Zulfikar [ZR]
    Rabu, 23 November 2022, November 23, 2022 WIB Last Updated 2022-11-23T07:56:47Z

    Ads:

     Aceh Utara | indometro.id | 23-Nov-2022


     " Pameran Proyek P5BK Yang Telah Di sukseskan Di Smk Negeri 1 Baktiya Barat , Memberi Dampak Positif Bagi Peserta Dan  Siswa lainya , Dalam Hal ini Para Siswa , Sekarang Lebih Semangat Belajar Dan Cepat Mengambil Langkah Di Berbagai Kompetensi Untuk Produk Dan Aksi kedepan nya ,.




    " Produk Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja (P5BK) merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu guna mengamati dan mengupayakan solusi terhadap permasalahan yang ada di lingkungan sekitar melalui proyek. 

    Hal ini diharapkan memberikan ruang bagi peserta didik untuk belajar semakin aktif, interaktif, fleksibel, dan situasi belajar tidak formal serta tentu saja terlibat langsung dengan lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi, sehingga cepat mengambil langkah dan keputusan , yang pada akhirnya nanti peserta didik dapat menghasilkan produk atau aksi.


    Hal itu dikemukakan Kepala SMK Negeri 1 Baktiya Barat, Ir. Muharman, M.A.P pada Pameran Proyek P5BK dan TeFa yang digelar di sekolah setempat, Kamis (10/11).


    Sementara TeFa (Teaching Factory) lanjut Muharman, adalah pabrik pengajaran, maksudnya sekolah langsung terjun ke dunia bisnis, yaitu tempat kita mempraktekkan langsung cara berdagang, cara bekerja dan cara berbisnis dengan benar.


    Teaching Factory merupakan sebuah konsep pembelajaran yang berorientasi pada produksi dan bisnis untuk menjawab tantangan perkembangan dunia industri saat ini dan nanti.


    Dikatakan, dengan TeFa siswa dapat belajar dan menguasai keahlian atau keterampilan yang dilaksanakan berdasarkan prosedur dan standar kerja industri sesungguhnya. Tidak hanya itu, produk-produk yang dibuat para siswa sebagai proses belajar pun bisa dipasarkan kepada  masyarakat .


    “Pengembangan pendidikan SMKN 1 Baktiya Barat berjalan sesuai teori yang diaplikasikan dalam bentuk praktek. Pada pemeran kali ini, menampilkan produk lokal para siswa yang siap bila dipasarkan, ungkap -  Ir. Muharman M.A.P

     ( Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Baktiya Barat ) .


    Sebelumnya, ketua panitia pelaksana pameran P5BK, Nina Mardiana membenarkan , dengan pembelajaran berbasis proyek ini, tampak peserta didik sangat antusias dan kreatif dalam berkerjasama serta berkolaborasi untuk menyelesaikan suatu proyek, salah satunya kewirausahaan yang dipilih untuk dikembangkan oleh peserta didik dalam proyek P5BK di SMKN 1 Baktiya Barat.


    Kegiatan yang menampilkan puluhan produk lokal hasil karya para siswa dalam rangka perayaan hasil Dari percapaian dalam bentuk kreativitas peserta didik. Selain itu kata Nina, juga sebagai bentuk kontribusi pendidik dan tenaga kependidikan SMKN 1 Baktiya Barat dalam kegiatan merdeka belajar berdaya saing global, dengan berwawasan lingkungan dan budaya lokal.


    Disebutkan, produk yang dipamerkan dalam pameran ini cukup beragam, mulai dari produk makanan, seperti timphan, boh manok u, mi Aceh, asam sabeei, dan kuah pliek u, juga kerajinan tangan, kerajinan kayu, perhiasan/asesoris, teknologi, dan lain-lain.


    “Produk yang dipamerkan hari ini semua produk lokal saja yang nanti dikemas dengan baik, bagaimana konsumen atau pembeli bisa tertarik membeli produk lokal hasil karya para siswa yang dapat bapak-ibu lihat,” ujar ibu Nina sambil menunjukkan arah lokasi pameran.


    Sementara itu Yang hadir , 

    Kabid GTK  Dinas Pendidikan Aceh ,Muksalmina MSi,Kabid pembinaan SMK , Doktor Asbaruddin ,Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdisdik) Wilayah Aceh Utara, Drs. Ahmad Yamani, M.Pd . Mendukung sepenuhnya kegiatan yang diselenggarakan SMKN 1 Baktiya Barat, seraya berharap, alumni SMK ke depannya nanti dapat menjadi penggerak roda usaha industri dan kerja pada ruang UMKM.


    “Semakin berkembangnya Usaha Mandiri, maka lapangan pekerjaan pun tercipta, Ujarnya Kepada Awak Media  - indometro.id 


    Turut hadir dalam kesempatan ini Kabid GTK Dinas Pendidikan Aceh Muksalmina, M.Si, Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdisdik) Wilayah Aceh Utara Drs. Ahmad Yamani, M.Pd, Kasi GTK Cabdisdik Wilayah Aceh Utara Abdul Manan, M.Si,Ketua MKKS SMA/SMK, unsur Muspika Baktiya Barat, para Pengawas SMK Drs. Aiyub, Muhammad, S.Pd, M.Pd dan Eli Marlina Sikumbang, SE, MSM, Kepala SMK dalam kabupaten Aceh Utara, dan Ketua Komite SMKN 1 Baktiya Barat H. Muhammad Yusuf, S.Pd.I serta para tamu undangan lainnya Yang Memeriahkan Acara Tersebut .



    Redaksi Terpercaya & Teraktual .

    Idometro.id


    Jurnalis/Editor Fikar_Mata

    Sumber _ Ir. Muharman, MA.P

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini