-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Bupati Nina Agustina Launching Bazar Kampung Ramadhan Desa Cangkingan

    Selasa, 05 April 2022, April 05, 2022 WIB Last Updated 2022-04-04T23:52:27Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh


     


    INDRAMAYU, indometro. Id-- Masyarakat Desa Cangkingan, Kecamatan Kedokanbunder, Kabupaten Indramayu memiliki cara tersendiri dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan 1443 Hijriyah.


    Salah satunya dengan menggelar Bazar  Kampung Ramadhan yang di launching langsung oleh Bupati Indramayu Nina Agustina Da'i Bachtiar didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Indramayu Maman Kostaman dan sejumlah kepala perangkat daerah, di halaman Kantor Desa Cangkingan, Kecamatan Kedokanbunder, Kabupaten Indramayu, Senin (4/4/2022).


    Ragam macam olahan makanan khas Indramayu dan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tersaji untuk memanjakan para pengunjung untuk berbelanja dan pastinya sebagai menu berbuka puasa nanti.


    Misalnya, rujak, terasi bawang (siwang), aneka kolak, aneka bubur, pepes ayam, dan makanan lainnya yang diolah tanpa minyak seperti dimsum. Sementara untuk minuman ada sirup mangga, sirup jeruk dan sirup buah kelapa asli olahan masyarakat setempat.


    Bupati Indramayu Nina Agustina mengatakan, setiap memasuki bulan Ramadhan, kebutuhan bahan pokok dan barang lainnya meningkat tajam, ditambah lagi kelangkaan dan mahalnya minyak goreng menjadi permasalahan masyarakat saat ini


    Akan tetapi jelas Nina, Pemerintah Kabupaten Indramayu melakukan terobosan guna memberikan solusi kepada masyarakat dengan mengadakan Festival Kuliner Olahan Makanan Tanpa Minyak Goreng yang telah dilaksanakan di Pendopo Indramayu pada 1/4/2022 yang lalu.


    Menurutnya, kegiatan Bazar Kampung Ramadhan menjadi bagian dari upaya pemerintah dalam mengkampanyekan makanan tanpa minyak goreng. Selain itu jelasnya mengangkat kuliner khas Indramayu agar bisa naik kelas dan dicintai oleh masyarakat setempat.


    "Salah satu contohnya di Bazar Kampung Ramadhan ada dimsum yang diolah dengan cara di kukus. Ini membuktikan kuliner kita mampu tanpa minyak goreng. Kita bisa kreasi dan juga mengadakan bazar," katanya.


    Dalam Bazar Kampung Ramadhan ini Bupati Nina juga mengapresiasi Pemerintah Kecamatan Kedokanbunder dan Kepala Desa Cangkingan yang telah menginisiasi kegiatan ini dan patut dicontoh untuk desa lainnya.


    "Saya memberikan apresiasi kepada Camat Kedokanbunder dan Kuwu Cangkingan yang kreatif dan patut dicontoh oleh Kuwu yang lainnya. Silahkan ingin dibuat apa lagi didesa -desanya, semuanya berkreativitas untuk kesejahteraan masyarakat," tambahnya.


    Dalam kesempatan ini Bupati Nina Agustina tidak henti-hentinya mengajak, supaya masyarakat mau mengikuti program yang telah diluncurkannya setahun yang lalu. Salah satu Program Unggulan Bupati Nina Agustina adalah program Kejar Paket (Pa-ket).


    "Program unggulan kita  yakni Jaket bisa bisa diikuti oleh masyarakat secara gratis, untuk memperoleh ijazah setara pendidikan formal. Selain itu masyarakat bisa  mengikuti pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) untuk mendapatkan keahlian yang bersertifikat dan dapat digunakan untuk melamar pekerjaan. Dengan modal pendidikan dan pelatihan diharapkan masyarakat dapat memperoleh pekerjaan yang layak dan dapat hidup sejahtera," 


    Sementara itu Camat Kedokanbunder Atang Suwandi memastikan, 10 program unggulan Bupati Indramayu Nina Agustina telah dilaksanakan dan sudah berkelanjutan. Bahkan katanya, manfaat dari program yang diluncurkan telah dirasakan oleh banyak masyarakat.


    "Alhamdulillah, 10 Program Unggulan Bupati Indramayu di Kecamatan Kedokanbunder sudah berjalan dan masyarakat sudah merasakan manfaatnya," paparnya.


    Ditempat yang sama Kepala Desa Cangkingan Didi Wahyudi menyampaikan, Bazar Kampung Ramadhan ini hasil kolaborasi antara Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dispara) Kabupaten Indramayu serta Balai Latihan Kerja (BLK) Disnaker Indramayu yang telah memberikan pelatihan-pelatihan kepada masyarakat menjadi enterpreneur baik tata boga, tata rias dan lainnya.


    “Alhamdulillah banyak manfaatnya untuk masyarakat,” ujar Didi. (Oyib/MTQ--Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)


    (her) 

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini