-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Tim Gaspol Dukcapil Lakukan Pelayanan Jemput Bola, Manfaatkan Hari Libur

    batnews.site
    Minggu, 10 Oktober 2021, Oktober 10, 2021 WIB Last Updated 2021-10-10T08:31:34Z

    Ads:

    Aceh Tengah, indometro.id  -

    Hari libur Sabtu dan Minggu bagi Dinas Dukcapil Aceh Tengah bukanlah berarti tidak bekerja, justru waktu tersebut dimanfaatkan untuk menjalankan layanan jemput bola berupa inovasi Gaspol (Petugas Pelayanan Online).

    Kali ini Gaspol Dukcapil menyasar beberapa kampung di Kecamatan Atu Lintang dan Jagong Jeget, yaitu Merah Mege, Bintang Kekelip, Kepala Akal, Atu Lintang, Bukit Kemuning, Gemboyah, Berawang Dewal, Merah Said dan Berawang Baro.

    "Karena kampung yang dilayani banyak, Petugas kita sampai menginap dilokasi," ungkap Kadis Dukcapil Aceh Tengah, Mustafa Kamal, Minggu (10/10/2021).

    Inovasi Gaspol mulai dilaksanakan oleh Dinas Dukcapil Aceh Tengah sejak akhir tahun 2020 lalu terutama menyasar kampung yang jauh dari Takengon dengan layanan utama pengurusan Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran hingga pencetakan langsung di lokasi, selain itu juga untuk wilayah tertentu terkadang dilakukan kegiatan perekaman KTP Elektronik.

    "Untuk Gaspol sengaja memang kita pilih personil dalam jumlah kecil dalam satu Tim supaya bisa bergerak cepat dan menyasar beberapa kampung sekali jalan," ujar Mustafa.

    Kampung-kampung yang sudah didatangi Gaspol berikutnya diproyeksikan menjadi Kampung Sadar Adminduk (Kaminduk) yang bisa melakukan pelayanan dokumen kependudukan sesuai kebutuhan masyarakat selain KTP dan KIA yang memang harus dicetak di Kantor Dinas Dukcapil. 

    Gaspol juga melatih Petugas Registrasi Kampung atau aparat kampung yang ditunjuk untuk melakukan pendaftaran secara online sekaligus mencetak sendiri dokumen kependudukan yang sudah diterbitkan oleh Dinas Dukcapil.

    "Beberapa kampung yang sudah didatangi Gaspol Dukcapil sekarang sudah bisa melakukan pencetakan sendiri dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran," kata Mustafa.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini