-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Erfian Dorong Wujudkan Germas, Upaya Membangun Kesehatan Masyarakat

    Senin, 18 Oktober 2021, Oktober 18, 2021 WIB Last Updated 2021-10-18T06:24:26Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh
    Pangkalan Baru, indometro.id - Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Erfian, S.T., membuka kegiatan Pergerakan Germas Berkala Berkesinambungan di Semua Tatanan di Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2021.

    Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah sebagai fasilitator peserta kegiatan, bertempat di Hotel Soll Marina, Senin (18/10/2021).

    Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Erfian, S.T yang membuka kegiatan ini mengatakan melalui Instruksi Presiden (INPRES) nomor 1 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, pemerintah dengan melibatkan pemangku kepentingan, swasta, akademisi, LSM dan sektor-sektor lainnya agar dapat berperan serta dalam pembangunan kesehatan dengan menekankan pada upaya promotif dan preventif.

    Lanjutnya untuk mewujudkan gerakan masyarakat hidup sehat dapat dilakukan melalui peningkatan edukasi hidup sehat, peningkatan kualitas lingkungan, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan perilaku hidup sehat dan peningkatan aktivitas fisik.

    "Mari kita semua mewujudkan gerakan masyarakat hidup sehat melalui upaya kampanye gerakan masyarakat hidup sehat dengan menggerakkan seluruh elemen melalui penyelenggaraan kemitraan, pemberdayaan masyarakat dan penyebarluasan informasi," ucapnya.

    Erfian juga menambahkan bahwa masalah kesehatan yaitu perilaku hidup tidak sehat di masyarakat dapat mempengaruhi dan menjadi ancaman bagi produktivitas bangsa apabila derajat kesehatan terganggu oleh penyakit.

    "Saya mengharapkan agar para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan semoga kegiatan ini dapat menginspirasi dan menyemangati kembali semua OPD dalam menyusun rencana-rencana kegiatan untuk mendukung germas yang dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat," harap Erfian sembari menutup sambutannya.

    Pada kesempatan yang sama, Rita Agustina, S.K.M., M.A.P, Kasie Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga sebagai ketua panitia dalam laporan kegiatannya mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini yaitu tersampaikannya program "Bunda Germas" yang bermakna membangun daerah melalui gerakan masyarakat hidup sehat, adanya kesepakatan dan komitmen implementasi pergerakkan germas yang dilakukan secara berkala dan berkesinambungan disemua tatanan di Kabupaten Bangka Tengah dan tersusunnya dokumen rencana kegiatan implementasi germas oleh OPD, organisasi profesi,organisasi kemasyarakatan, swasta, akademisi dan sektor lain.

    Kegiatan ini bersumber dari Dana DAK Non Fisik Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan jumlah peserta sebanyak 25 orang, dan menghadirkan para narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi, Bappelitbangda Kabupaten Bangka Tengah dan TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

    Hadir dalam kegiatan ini dari perwakilan organisasi perangkat daerah, organisasi masyarakat, organisasi profesi, pihak swasta , para kader posyandu, dasawisma dari Kabupaten Bangka Tengah.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini