-->

Iklan

Temukan Kami DI Fb

Halaman

Menuju Permasyarakatan Maju, Kanwil Kemenkumham Riau Gelar Webinar dan Rapat Kerja

Hery Ferdian
Kamis, 16 September 2021, September 16, 2021 WIB Last Updated 2021-09-17T08:25:28Z
iklan disini :





Pekanbaru
, indometro.id -

Kanwil Kemenkumham Riau melalui Divisi Pemasyarakatan menggandeng Unit Pelayanan Teknis se-Wilayah Riau untuk berpartisipasi dalam Webinar dan Rapat kerja bertajuk “Menuju Pemasyarakatan Maju”, bertempat di ruang serbaguna Ismail Saleh Kanwil Kemenkumham Riau, Kamis (16/9/2021).

“Permasalahan yang dihadapi Pemasyarakatan sangat kompleks. Tidak hanya berjuang memerangi virus covid-19, tetapi juga permasalahan klasik yang benama ‘overkapasitas’. Meskipun demikian, hal tersebut tidak boleh menurunkan semangat jajaran Pemasyarakatan dalam memberikan pelayanan prima bagi narapidana, tahanan, anak, klien dan masyarakat. Kita harus melakukan 
Revolusi Digital sebagai akselerasi adaptasi untuk Pemasyarakatan Maju,“ ujar Pujo Harinto, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau dalam sambutan yang disampaikan secara virtual.

Tidak lupa beliau mengingatkan kembali pesan dari Direktur Jenderal Pemasyakatan terkait tiga kunci Pemasyarakatan Maju, yakni deteksi dini, sinergitas dengan aparat penegak hukum serta pemberantasan terhadap narkoba. 

Kepala Divisi Pemasyarakatan, Maulidi Hilal, yang bertindak sebagai moderator menekankan tujuan Webinar dan Rapat kerja ini adalah untuk meningkatkan peran ASN dalam memberikan pelayanan serta mendukung program pembinaan warga binaan agar tetap produktif serta mendukung inovasi dan kreativitas sehingga dapat memberikan sumbangsih dalam pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Bertindak sebagai narasumber pada sesi pertama, Hasanuddin Masaille, yang merupakan mantan Sekjen Kemenkumham RI menegaskan tentang peran komunikasi dalam kepemimpinan. “70% kegagalan dalam manajemen organisasi terjadi karena kurangnya komunikasi. Banyak orang yang tidak tahu bahwa mereka tidak tahu. Maka sebagai pemimpin, kita harus bisa berkomunikasi dengan baik.”

Pada sesi selanjutnya, Adi Sujatno memberikan paparan tentang peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). “Kata kunci ASN adalah pelayanan. Untuk itu pembangunan ASN harus terus dilakukan secara konsisten. Baik itu dengan cara pembinaan karakter, motivasi dan inspirasi. Setiap ASN dituntut untuk bisa bekerja keras, tuntas, sinergitas dan penuh integritas.”

Sebagai penutup, Agun Gunanjar Sudarsa, narasumber yang merupakan anggota Anggota Komisi XI DPR RI mengangkat tema terkait pentingnya integritas untuk pemasyarakatan maju. “Narapidana bukan untuk disiksa dan dianiaya, melainkan untuk dibina dan dikuatkan sebagaimana layaknya manusia. Tingkatkan integritas pribadi dan martabat diri sebagai Petugas Pemasyarakatan,” pesan beliau.***(Hery Ferdian)
Beri Komentar Dong!

Tampilkan

Terkini

Nasional

+