Lanal Babel Bekerjasama PT. WIKA Gelar Latihan SAR Bersama Di Perairan Pantai Asmara Babel


Babel, Indometro.id - 
Lanal Babel melalui Posal Muntok bekerjasama dengan PT. WIKA melaksanakan latihan simulasi pertolongan pada orang tenggelam di Perairan Pantai Asmara, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Rabu (25/8/2021).

Dalam skenario latihan disimulasikan penyelamatan terhadap orang tenggelam yang dialami salah satu karyawan PT. WIKA yang sedang melaksanakan survei kabel bawah laut di Perairan Sumatera-Bangka. 

Salah satu pekerja terjatuh ke laut pada saat melaksanakan survei menggunakan kapal/perahu di Perairan Muntok. Menindaklanjuti kejadian ini, salah satu rekan kerja di kapal melaporkan kejadian tersebut kepada kantor PT. Wika Pantai Asmara melalui komunikasi HP/Radio. Selanjutnya informasi tersebut dilaporkan ke Pos TNI AL terdekat yakni Posal Muntok.

Dengan sigap, Personel Pos TNI AL Muntok mengerahkan Patkamla Menumbing menuju lokasi dengan membawa tenaga medis dari Balai Kesehatan Lanal Babel, dan langsung melaksanakan evakuasi dan memberikan pertolongan pertama terhadap korban ke Patkamla Menumbing untuk kemudian dibawa ke darat melalui dermaga Jeet Foil PT. ASDP Pelabuhan  Tanjung Kalian Muntok. Selanjutnya korban dievakuasi menuju rumah sakit terdekat dengan menggunakan mobil ambulance Lanal Babel untuk mendapatkan pertolongan dan penanganan lebih lanjut.

Kegiatan Latihan SAR ini menggunakan sarana yakni Patkamla Menumbing, Kapal Kayu GT 7, Mobil Ambulance Lanal Babel, Speed Lidah Posal Muntok, serta melibatkan 22 personel terdiri dari Pjs. Pasop Lanal Babel, Danposal Muntok, Karyawan PT. WIKA 8 orang, Personel KAL Belinyu 3 orang, Personel Patkamla Menumbing 3 orang, Personel Posal Muntok 3 orang, dan Personel Penerangan Lanal Babel 3 orang.

Selama kegiatan latihan berlangsung, pelaksanaan berjalan lancar dan aman serta tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran pandemi virus Covid-19 yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun sebelum dan seduah latihan. (Erf/Dispen Koarmada I)
Baca Juga :

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama