-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Pemdes Manunggal Makmur Selenggarakan Pembekalan Pokja SDGs Desa

    Joni Karbot
    Kamis, 22 April 2021, April 22, 2021 WIB Last Updated 2021-04-22T09:19:35Z

    Ads:

    Pemdes Manunggal Makmur Selenggarakan Pembekalan Pokja SDGs Desa


    Muara Enim, indometro.id - Pemerintah Desa Manunggal Makmur Kecamatan Rambang Biru menggelar Pembekalan Relawan kelompok Kerja(Pokja) pendataan Sustuinable Development Goals (SDGs) tahun 2021. Bimtek yang dilaksanakan di SDN 28 Rambang Niru, Kamis, 22/04/2021

    Kegiatan ini dihadiri Kepala Desa Manunggal  Makmur, Suprapto, Kasi PMD Rambang Niru Herneli Herlin, Amd.Kep, Dinas PMD Iswan, SE (Kasubag Keuangan PMD), Tenaga Ahli Kabupaten Riva Yanti, S.Si, S.Pd, M.Pd dan Pendamping, Tim Pokja Relawan SDGs, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan pendamping Lokal Desa.

    SDGs Desa merupakan model pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa.

    Dalam Sambutan Pembukaan Pembekalan Pokja Relawan untuk Data SDGs Desa dan Pengingkaran Kualitas Indek Desa Membangun (IDM) Tahun 2021, Kepala Desa Manunggal Makmur, Suprapto menjelaskan “ SDGs Desa merupakan model pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2021. SDGs Desa adalah upaya terpadu dalam mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa dengan ekonomi tumbuh merata ,Desa peduli kesehatan, Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. “ ujarnya

    "sangat mengharapkan agar Pokja Relawan Pendataan benar-benar serius mengikuti materi yang disampaikan oleh Narasumber, sehingga dapat dipahami dan mampu mengaplikasikan dilapangan sesuai tugas yang diemban masing-masing peserta dengan melakukan pendataan langsung kesemua rumah warga masyarakat yang ada di Desa agar data yang diperoleh dapat disajikan sesuai harapan dan bermanfaat sesuai Harapan" Pungkasnya.

    Untuk penugasan dan penunjukan kelompok kerja relawan pendataan desa merujuk pada peraturan menteri desa PDTT No. 21 Tahun 2020 tentang POKJA relawan pendataan desa yang telah diterbitkan Surat Keputusan (SK).



    Adapun materi pelatihan Pendataan SDGs Desa 2021 disampaikan oleh narasumber baik dari  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Muara Enim, Panduan Entry Data Desa disampaikan oleh Pendamping Profesional, Panduan Entry data survey Keluarga disampaikan oleh Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (P3MD) selanjutnya Mekanisme Pendataan SDGs Desa 2021 disampaikan oleh Pihak Kecamatan. Terkait Implementasi Aplikasi SDGs Desa dalam Pendataan dan survei yang akan dilakukan oleh tim pokja mencakup survei atau pendataan pada level desa, pendataan pada level rukun tetangga (RT) atau Dusun, pendataan pada level warga atau Individu dan pendataan pada level keluarga. Pelaksanaan survei dan pengumpulan data akan berlangsung mulai periode Maret sampai Mei 2021.

    Dalam pantauan media, kegiatan ini tetap mematuhi Pertokol Kesehatan dan Relawan diberikan materi dan bekal sehingga pendataan yang menggunakan Aplikasi SDGs berjalan lancar.

    Pesan yang disampaikan oleh Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM -P3MD) Kabupaten Muara Enim,  Riva Yanti, S.Si, S.Pd, M.Pd (TA-PP) pada saat menyampaikan meteri, “Pendataan ini menggunakan aplikasi SDGs sehingga pendata melakukan secara manual dan pengumputan data langsung oleh relawan, Petugas pendata harus serius, sesuai keadaan Desa tidak ada penduduk yang terlewatkan dalam pendataan ini mulai dari bayi sampai usia lanjut.,” jelas PIC SDGs Desa.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini