-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Rumah Tinggi Aset Daerah Inhu Butuh Perhatian Banyak Pihak Agar Bernilai

    redaksi
    Senin, 15 Maret 2021, Maret 15, 2021 WIB Last Updated 2021-03-15T03:18:54Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh

    Rumah Tinggi Aset Daerah Inhu Butuh Perhatian Banyak Pihak Agar Bernilai


    Riau, indometro.id -  Sejumlah aset Daerah Indragiri Hulu, Riau perlu pengelolaan secara maksimal, mulai dari wisata alam, religi, situs budaya, termasuk rumah tinggi yang terletak di Kota Rengat.

    Rumah Tinggi yang sudah berumur ratusan tahun masih terpelihara, bernilai budaya dan sejarah tinggi.  Selama ini sebagai salah satu pendukung Indragiri Hulu menuju destinasi wisata nasional.

    Salah satu warga Indragiri Hulu, Sarman (55), mengatakan, perhatian bukan saja dari pemerintah daerah, tetapi perusahaan, masyarakat setempat, Sabtu (13/3) di Rengat.

    Rumah Tinggi ini umurnya sudah ratusan tahun, bertingkat dua, lantai I,cor, Lantai II papan dengan dindingnya juga papan beratapkan seng. Miris terlihat sejumlah dinding sudah usang dan bahkan lingkungan kurang terawat.

    Jika terabaikan, maka kedepan justru akan rapuk, hancur, pada akhirnya Inhu kehilangan aset berharga, solusinya adalah ada perhatian dan penjaga yang dibayar khusus pemerintah.

    Rumah Tinggi merupakan salah satu bukti sejarah, sejak zaman dulu, setiap hari ada saja wisatawan dari berbagai daerah/kota berkunjung, karena dekat pusat kota, mudah dijangkau hanya dengan berjalan kaki atau sepeda motor.

    "Sudah seharusnya rumah tinggi menjadi perhatian serius, letaknya strategis, dekat Masjid Raya," kata Sarman (55).

    Masyarakat Inhu banyak yang memanfaatkan waktu luang untuk berpoto ria, santai, menggali sejarah di tempat ini. Karena Rumah Tinggi ini berada di perkampungan penduduk.

    "Inilah daya tariknya, lingkungan aman dan nyaman," ujar Linda (40).

    Linda juga berharap aset ini lebih dioptimalkan fungsinya, karena lebih baik menjaga dan memelihara dari pada membangun baru. Manfaat lain misalnya bisa mengundang wisatawan dunia, secara tidak langsung bisa membantu ekonomi masyarakat setempat.

    Indragiri Hulu memiliki puluhan potensi wisata alam, religi dan situs budaya, Masjid Raya Rengat salah satunya yang bernilai sejarah tinggi. Di samping nya justru banyak makam tokoh agama, tokoh perjuangan dan tokoh sejarah, jika di gali menjadi pengetahuan yang baik untuk generasi berikutnya. 

    (Asri)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini