Ticker

6/recent/Ticker-posts

Ratusan Anak Ikuti Khitan Massal PAS di Kabupaten Aceh Utara

Ratusan Anak Ikuti Khitan Massal PAS di Kabupaten Aceh Utara ditepung tawari (dipeusijuek)  Waled Lapsing. 


Aceh Utara, indometro.id - Sebanyak 200 anak yatim dan fakir miskin mengikuti khitan massal gratis yang digelar Dewan Pimpinan Daerah Persaudaraan Aceh Seranto (DPD-PAS) bekerjasama dengan Dinas kesehatan Kabupaten Aceh Utara, Kamis (25/03/2021) di UPTD Puskesmas Lhoksukon.

Turut dihadiri Muspika setempat,serta Tgk H.Muzakir Abdullah (Waled Lapang) dan unsur masyarakat lainnya.

Ketua Umum Organisasi Persaudaran Aceh Serantau (PAS) H. Akhyar Kamil,SH. mengatakan, hari ini pengurus DPD Aceh Utara selaku panitia penyelenggara khitan massal gratis tahap II hari ini saat ini Pengurus DPD Aceh Utara, sebelumnya telah dilaksanakan di kecamatan Sawang. 

"Kita bersama Dinkes secara menyeluruh PAS berencana akan bantu sunat masal secara gratis. Insya Allah target khitan massal gratis 1000 peserta se-Aceh Utara namun baru terlaksana dua tempat yaitu Sawang dan Lhoksukon kabupaten Aceh Utara,"kata nya.

Dia menyebutkan. kegiatan ini disambut Antusiasme masyarakat untuk menyunat anak anaknya sangat tinggi,mengingat selama pandemi Covid 19 ini, ekonomi masyarakat sangat terjepit,dan acara tersebut berjalan tertib dengan menjaga protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan dibagikan masker ke peserta dan orang tua mereka yang hadir.

"Kegiatan sunat massal sempat tertunda beberapa waktu. Dan Alhamdulillah, pada hari ini berkat dukungan dari semua pihak terutama masyarakat acara ini berjalan lancar,"ujarnya.

Sementra itu, Ketua DPD. PAS Kabupaten Aceh Utara, Abdul Muthaleb leads media ini mengatakan, melalui kegiatan sosial kali ini, pihaknya ingin membantu anak-anak dari keluarga pra-sejahtera untuk menunaikan kewajiban tersebut sejak usia sedini mungkin.

"Peserta khitan massal gratis sebanyak 200 anak kali ini yang beras dari 10 Kecamatan di Kab. Aceh Utara, dan tidak dipungut biaya (gratis).

Lanjutnya,  untuk pelaksanaan khitan massal, kami bekerjasama dengan tim medis Dinas Kesehatan  (Dinkes)  setempat. 

"Hal ini karena selain UPTD Lhoksukon yang dikelola Pemkab. Aceh Utara, juga Karena mereka memberikan pelayanan ekstra pasca khitan kepada anak-anak peserta khitan massal,"sambungnya.

Mahdi 

Artikel Terkait