Ticker

6/recent/Ticker-posts

Babinsa 01/ Muara Satu Dampingi Petani Budidaya Buah Naga

Babinsa terjun langsung kelapangan guna memberikan support' masukan  terhadap warga binaan dalam penanaman buah naga, 

Lhokseumawe, indometro.id - Babinsa Koramil 01/Muara Satu, Serda Ariyadi melaksanakan kegiatan pendampingan terhadap petani buah naga bernama Sulaiman di Desa Padang sakti kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe, Kamis (25/03/2021)

 Pendampingan Babinsa terhadap petani di wilayah binaan dilaksanakan secara terus menerus dengan terjun langsung kelapangan guna memberikan support' masukan  terhadap warga binaan dalam penanaman buah naga, yang kini sudah mulai membuahkan hasil bagi petani.

Sejak pendampingan oleh Babinsa dan Dinas Pertanian, Buah naga yang di budidayakan kini sudah mulai tumbuh, berbunga dan bahkan sudah ada yang berbuah siap untuk di panen dan kemudian di jual, ujar Bapak Sulaiman Petani Buah Naga.

Tanaman Buah Naga sangat bagus untuk dibudidayakan, karena selain hasilnya akan dapat membantu perekonomian juga sangat bagus untuk dikonsumsi sendiri.

Buah naga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan karena kaya akan nutrisi' vitamin dan lemak tak jenuh yang sangat penting bagi tubuh. Dan serat pada buah naga juga memiliki manfaat sangat bagus untuk pencernaan dan mengatur kadar gula darah. 

Dalam pendampingan tersebut, Babinsa membantu Bapak Sulaiman melakukan perawatan tanaman serta pemeliharaan buah naga yang disertai pupuk yang baik bagi pertumbuhan buah naga. Selain itu pembersihan gulma maupun tanaman lain di lahan kebun buah naga menjadi bagian penting pemeliharaan tanaman agar tidak mempengaruhi pertumbuhan buah naga. 

"Untuk hasil panen buah naga ini, membutuhkan waktu sekitar 7-10 bulan dalam waktu normal dan pemeliharaan buah naga ini menjadi faktor penting dalam melakukan budidaya tanaman. Cara penanaman yang baik jika tidak didukung pemeliharaan, hasilnya tidak akan memuaskan, ujar Babinsa Serda Ariyadi. 

Selaku petani Buah Naga, Bapak Sulaiman merasa terbantu atas dukungan dan pendampingan Babinsa yang di suport langsung oleh Dinas Pertanian.

Saya sangat berterimakasih atas arahan dan bimbingan selama ini sehingga kebun buah Naga saya dapat berhasil dan berbuah, ujar Bapak Sulaiman.

Sebelumnya Bapak Sulaiman tadinya kurang tertarik untuk menanam buah naga, namun atas saran dan masukan babinsa akhirnya mau menanam dan sekarang sudah mulai bisa menikmati hasilnya.

Mahdi 

Artikel Terkait