Ticker

6/recent/Ticker-posts

Peran Babinsa Harus Terapkan Sikap Teritorial

Peran Babinsa Harus Terapkan Sikap Teritorial


Batang, indometro.id - Kodim0736/Batang menyelenggarakan kegiatan pembinaan kesiapan aparatur wilayah dan kemampuan teritorial TW I TA. 2021 yang digelar di Markas Kodim, Jalan Jenderal Sudirman No. 41 Kesepuhan Batang, Jawa Tengah. Rabu (24/3/21)

Pada pelaksanaan kegiatan tersebut dikunjungi oleh Tim Wasgiat dari Korem 071/Wijaya Kusuma, selaku ketua tim yakni  Kasiter Mayor Cba Kowad Roro Sri Harjani S. Sos bersama rombongan. 

Dandim Batang Letkol Arh. Yan Eka Putra melalui Kapten Inf. Sugito menjelaskan, Bahwa tuntutan jaman kedepan bukan semakin ringan akan tetapi semakin berat, kegiatan teritorial endingnya bagaimana cara menyatukan rakyat kita. Perlawanan semesta tidak akan berhasil tanpa rakyat mendukung daripada kegiatan TNI.


''Perlawanan semesta berada di ujung tombak  yaitu Babinsa harus mampu berkomunikasi sosial dengan masyarakat, sehingga kita percaya bahwa rakyat betul betul mencintai TNI.'' tandasnya

Sementara Ketua Tim Wasgiat dari Korem 071/WK Mayor Cba Kowad Roro Sri Harjani S. Sos menuturkan, ''Bahwa kita jangan sampai surut semangatnya dalam melaksanakan tugas diwilayah. Dalam menghadapi ''Perang Proxy War'' yang akan mengancam dibidang Ipoleksosbudhankam disemua lini, salah satunya budaya kita sudah tidak menganut budaya ketimuran, bidang sosial sudah dipengaruhi oleh gaya hidup modern, kendati demikian saya berharap kepada para Babinsa yang merupakan ujung tombak supaya memberikan pencerahan terhadap para generasi muda yang nantinya menjadi generasi bangsa.

Selanjutnya ia juga menambahkan, dengan adanya Perang Proxy War tentunya menjadi  ancaman bagi bangsa kita yang hidup di negara tropis yang merupakan negara subur dan kaya sumber daya alam, peran TNI yakni untuk mengawal Kedaulatan Negara Republik Indonesia dimana TNI harus bersatu dengan seluruh komponen masyarakat sehingga TNI dapat manunggal dengan rakyat.

''Peran Babinsa harus menerapkan sikap teritorial, tentunya diaplikasikan dengan cara melakukan gotong royong, suka menolong, bertegursapa, jika ada masyarakat yang sedang mengalami kesusahan kita harus hadir ditengah tengah mereka, diharapkan para Babinsa yang menjadi kebanggaan satuan juga sebagai Babinsa yang di cintai oleh rakyatnya.'' jelas Mayor Cba Kowad Roro.
(*)

Muh
Sumber : Red (Pen- 0736/Btg)

Artikel Terkait