Ticker

6/recent/Ticker-posts

Wujudkan PKTD, Kepala Desa Alokasikan Dana 600 Juta Untuk Warga

 

Alokasikan Anggaran 600 Juta Rupiah Untuk Pengadaan Dan Pengolahan Bibit Porang, Kepala Desa Pattaneteang Wujudkan PKTD Untuk Pulihkan Ekonomi Warga Desa


Bantaeng, indometro.id - Dampak COVID-19 terhadap perekonomian tidak hanya berimbas  terhadap masyarakat perkotaan, tetapi masyarakat perdesaan juga turut merasakannya. Menyikapi kondisi tersebut Kepala Desa Pattaneteang, Lukman Bundu, S. KM, mengalokasikan anggaran 600 juta rupiah pada fostur APBDes 2021. Anggaran ini diperuntukkan untuk mempercepat pemulihan ekonomi di Desa Pattaneteang, Kecamatan Tompobulu,  Kab. Bantaeng, ungkap kepala desa (25/03/2021). 

Selain untuk pemulihan ekonomi desa, juga untuk mewujudkan Padat Karya Tunai Desa (PKTD). Dari 600 juta rupiah yang telah dialokasikan ke dalam APBDes 2021, 300 juta rupiah diperuntukkan untuk pembelian bibit Porang dan 300 juta diperuntukkan untuk upah kerja warga setempat. Hal ini diharapkan oleh kepala desa untuk mempercepat pemulihan ekonomi di desanya. 

Saat ini programnya sedang dalam proses pengolahan lahan seluas 2 hektar are untuk persiapan tanam bibit porang sebanyak 120 ribu pohon, puluhan warga desa setempat terlibat langsung sebagai pekerja dengan sistem upah. Selain upaya pemulihan ekonomi desa melalui pendekatan padat karya, juga menjadi salah satu strategi Kepala Desa dalam rangka peningkatan Pendapatan Asli Desa (PADes). 

Sekedar untuk diketahui, kepala desa yang bergelar Sarjana Kesehatan Masyarakat ini, selain masih muda juga telah banyak melakukan inovasi di desanya sehingga sudah beberapa kali diundang menjadi narasumber pada kegiatan tingkat nasional.

Artikel Terkait