-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Sukses KH/HS Secara Serentak, Desa Leubang Adakan Syukuran

    Anggesan
    Rabu, 10 Februari 2021, Februari 10, 2021 WIB Last Updated 2021-02-11T09:00:00Z

    Ads:

    Sukses KH/HS secara serentak, Desa Leubang adakan Syukuran

    Simeulue, indometro.id - Syukur nikmat padi atau masyarakat Simeulue menyebutnya maro’a ahae adalah bentuk syukur petani padi kepada Sang Maha Pencipta, dan hal ini dilaksanakan saat setelah panen di lakukan dan telah menuai hasil yang diolah setiap satu kali masa tanam. 

    Masyarakat tani Desa Leubang Kecamatan Teupah Barat Kabupaten Simeulue hari ini Rabu 10 Februari 2021 melaksanakan syukur nikmat atas suksesnya Kumaha Heba/Humasa Sebel  MT2020 dan Kenduri blang Masa Tanam 2021.

    Acara yang diadakan di Mesjid Istiqamah desa setempat dilaksanakam sekalian dengan acara kegiatan Kenduriblangg, hal ini juga menandakan akan segera dimulainya masa tanam baru yakni MT 2021.

    Gusti Amin, Kades Desa Leubang dalam sambutannya menyampaikan, atas kesuksesan yang diraih petani pada MT 2020 desa yang dipimpinnya saat ini, maka pada MT tahun 2021 ini akan memperluas lagi garapan areal sawah yang akan diolah nantinya.


    “Kalau di Masa Tanam tahun 2020 hanya 35 hektar areal persawahan yang dapat dikelolah, maka tahun MT 2021 akan kita perluas lagi hingga 53 hektar bahkan bisa saja lebih”, ucap Kades.

    Dihadapan masyarakat tani dan para undandan, beliau juga menyampaikan kendala yang saat ini dihadapi petaninya, baik itu pengairan yang masih mengandalkan air hujan, alat-alat pendukung yang masih belum memadai seperti hand traktor dan perontok hanya beberapa unit saja yang masih dapat difungsikan juga pupuk dan obat-obatan padi lainnya, serta pendampingan agar terus ditingkatkan kepada petani itu sendiri, dari pihak-pihak terkait.

    Undangan, Selain Camat beserta unsur Muspika Teupah Barat, para kepala desa tetangga beserta aparatur desanya,  juga tampak hadir salah seorang Anggota DPRK Kabupaten Simeulue komisi A, Irawan Rudiono.

    Koordinator Penyuluhan Pertanian Lapangan (PPL) Teupah Barat, Muhar Danil dalam penyampaiannya mengapresiasi kades dan masyarakat tani Desa Leubang atas Suksesnya MT 2020.

    “Apresiasi kami kepada kepala Desa dan masyarakat disini yang telah berhasil dan sukses atas program serentak Kumaha Heba/Humasa Sebel MT 2020, dan kami siap untuk memberikan pendampingan kepada masyarakat kapanpun itu”, Ucap Muhar.

    Sementara Camat Teupah Barat, Misrahudin SE dalam penyampaiannya, saat ini sedang mengupayakan segala keluhan para petani dalam wilayahnya.

    “Insyaallah kami sedang mengupayakan bantuan handtraktor minimal satu desa satu traktor setiap desa yang ada di kecamatan Teupah Barat. Dan untuk desa Leubang karna areal sawahnya lebih luas dan Penduduk terbanyak di Kecamatan Teupah Barat seharusnya lebih dari satu alat tersebut”. Jelas Misrahudin.

    Beliau juga mengamanahkan kepada masyarakat  “Agar tetap bersinergi antara masyarakat dan pemerintah”.ujarnya

    (AA)


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini