Ticker

6/recent/Ticker-posts

Minimarket Bencana Untuk Korban Gempa di Mamuju

Minimarket Bencana untuk Korban Gempa di Mamuju

MAMUJU, indometro.id - Relawan Kemanusiaan dari Public Safety Center (PSC) 119 Kota Palopo, Sulawesi Selatan, mendirikan Minimarket Bencana di Desa Ahu, Kecamatan Tappalang Barat, Kabupaten Mamuju.

Minimarket didirikan, untuk memudahkan pendistribusian bantuan logistik, untuk warga terdampak bencana gempa bumi, yang mengguncang daerah ini, Jumat (15/01) lalu.

Walau minimarket bencana ini hanya terbuat dari tenda darurat, ditopang menggunakan beberapa potong bambu dan kayu, namun hampir semua barang kebutuhan yang tersedia tidak jauh berbeda dengan minimarket pada umumnya. 

Koordinator Minimarket Bencana, Munadri mengatakan, setiap kepala keluarga hanya diperkenankan mengambil barang sesuai dengan kebutuhan, sebanyak sekali dalam seminggu, disaksikan oleh kepala dusun sebagai penanggung jawab wilayah, “ Penyalurannya per kepala keluarga, kami salurkan dengan bantuan terdiri dari beras, indomie, telur, dan ikan kaleng, kami membaginya per dusun, kepala dusun hadir untuk menyaksikan kelayakan warganya, “ kata Munadri kepada wartawan, Sabtu (06/02/2021).

Untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan, setiap warga  yang ingin mendapatkan kebutuhan, wajib menunjukkan kartu keluarga, untuk dicocokkan dengan data yang telah dikumpulkan relawan pengelola minimarket, “ Tidak boleh ada yang doubel, karena itu kita wajibkan (calon penerima) memperlihatkan kartu keluarga, yang datanya sudah kita kumpulkan, “ terang Munadri.

Kendati bernama minimarket, Munadri menyebut, pihaknya telah memberikan penjelasan kepada warga, bahwa aneka barang kebutuhan yang telah disiapkan, dapat diambil tanpa harus mengeluarkan biaya, alias gratis, “ Sebelumnya kami sudah jelaskan, mini market dibuat untuk memudahkan warga yang terdampak bencana, “ ungkapnya.

Diakui, Munadri, aneka kebutuhan pokok yang tersedia di minimarket bencana ini, diperoleh dari para relawan dan donatur yang berasal dari berbagai daerah, “ Bantuan dari teman-teman relawan, sampai donatur dari luar pulau juga ada, “ pungkasnya.

Berdasarkan pantauan wartawan, relawan pengelola minimarket darurat ini juga menyiapkan kebutuhan bayi hingga lansia. Ada juga penyedap rasa hingga sandal untuk anak-anak.

Selain minimarket bencana, relawan PSC juga mendirikan Pos Pelayanan Kesehatan untuk warga terdampak bencana gempa bumi, yang sebagian besar diantaranya masih bertahan hidup di pengungsian.

Artikel Terkait