Ticker

6/recent/Ticker-posts

Meski Pandemi Corona, MAN 2 Polman Sukses Gelar Pilketos

MAN 2 Polman Sukses Gelar Pilketos

POLEWALI MANDAR, indometro.id - Kondisi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung saat ini tidak menjadi halangan bagi sejumlah kalangan dari dunia pendidikan untuk tetap menjalankan beberapa kegaiatannya terhadap siswa. 

Seperti yang dilakukan salah satu Madrasah di Kabupaten Polewali Mandar, Provensi Sulawesi Barat, Madrasah Aliyah Negeri (MAN 2) Polewali, menggelar Pemilihan Ketua OSIS (Pilketos) periode 2021/2022, yang memilih berdamai dengan keadaan.

Pilketos yang digelar pada Senin (22/2/2021), ini dilakukan  secara bertahap dan dianggap menjadi sebuah pilihan yang dilakukan di masa pandemi Covid-19 saat ini. Selain bisa menghindari tumpukan  kerumunan dan mencegah penyebaran virus, cara ini dirasa efektif dan efisien dalam implementasinya.
Kepala Madrasah MAN 2 Polman Budiman, S.Pd.,M.Si, menjelaskan, bahwa kegiatan Pilketos dikemas layaknya seperti pemilihan umum dimulai dengan pembentukan Panitia pemilihan, penjaringan Bakal Calon Ketua dan Wakil Ketua Osis yang diumumkan secara online melalui  halaman website Madrasah dan beberapa media sosial lainnya.

“kegiatan ini memang kami sengaja buat seperti pemilihan umum, mulai dari penjaringan bakal calon Ketua dan Wakil ketua OSIS, hingga pada pemaparan Visi Misi yang diselenggarakan secara online melalui Youtobe, agar siswa yang ada dirumah dapat menyaksikan kandidat yang mereka unggulkan”, ungkap Budiman saat ditemui wartawan (22/2).

Menurut Budiman, Pilketos yang digelar layaknya pemilihan umum juga merupakan sarana edukasih kepada siswa sebagai calon pemilih pemula dalam Pemilu atau Pilkada,
“Kami ingin budaya berdemokrasi yang baik dengan menggunakan hak pilih secara bertanggung jawab terjaga melalui kegiatan Pilketos, “beber Budiman.

Budiman Mengakui, meski Pilketos ini dilaksanakan pada masa pandemi COVID-19, pihaknya sudah diminta untuk tetap kompak dalam mewujudkan komitmen bersama untuk ikut serta medukung Pemkab Polewali Mandar dalam mencegah penularan maupun penyebaran COVID-19, yakni dengan memperketat kepada seluruh siswa agar menjalan seluruh protocol kesehatan.

“Untuk kepada Guru, Staf dan seluruh siswa kami sudah sampaikan agar dapat optimal dan konsekuen menjaga kesehatan, jaga jarak, dan sering mencuci tangan. Di gerbang juga kami sudah siapkan panitia untuk mengukur suhu sebelum masuk ke halaman sekolah dan diarahkan mencuci tangan ditempat yang sudah disiapkan, hal ini terus kami ingatkan”, imbuhnya.

Sementara itu Wakamad bidang Kesiswaan MAN 2 Polewali, Dahniar Rahman, S.Pd, menambahkan Pilketos diadakan dengan membagi kedalam empat tahapan agar mengurangi tumpukan kerumunan dan memudahkan panitia dalam menerapkan PROKES.

“Tahap pertama Dewan Guru dan Staf dimulai pada pukul 08.00 - 09.00 WITA, tahap kedua Siswa kelas X pukul (10.00), Tahap ketiga siswa Kelas XI 12.00 , dan Tahap ke empat siswa kelas XII pukul 13.00”, tutupnya. Dahniar menyebut, sistem yang diterapkan sama seperti halnya proses pemilu pada umumnya. Bedanya peserta terlebih dulu dicek suhu tubuhnya, bila dinyatakan sehat, peserta baru diperbolehkan masuk kelingkungan sekolah, selanjutnya mengikuti proses pemilihan.

“peserta dicek dulu suhu tubuhnya, baru bisa masuk dan menunggu giliran. Berikutnya peserta menanda tangani DPT kemudian masuk ke bilik suara, lalu memasukkan surat suara yang telah dicoblos kedalam kotak suara. Tahapan terakhir peserta yang sudah memilih mencelupkan tinta sebagai tanda telah ,menggunakan hak pilihnya”, lanjut Dahniar.

Pemilihan Ketua OSIS kali ini diikuti tiga kandidat Ketua dan Wakil Ketua OSIS periode 2021/2022, Paslon nomor urut 01 (Muh.Ardan H – Muh. Abiduddin Muksin), Paslon nomor urut 02 Muh. Ikhsan Al Musawwir – Oktavia Ramadani), dan Paslon nomor urut 03 (Akmal Hidayat – M. Akbar).
Setelah melalui perhitungan suara akhirnya terpilih dengan suara terbanyak adalah paslon nomor urut 01 Muh.Ardan H – Muh. Abiduddin Muksin yang berasal dari kelas yang sama yaitu kelas XI Agama 2.
Rincian perolehan suara Antara lain, paslon nomor urut 1 memperoleh 72 suara, paslon nomor urut 2 peroleh 32, paslon nmor urut 2 peroleh 62 suara, dan total suara sah adalah 166 suara.
Dilihat dari angkat partisipasinya, dari total 360 daftar pemilih tetap (DPT), suara yang masuk sejumlah 169 dengan rincian suara tidak valid 3 dan dan suara valid 166. 

(Aas)

Artikel Terkait