Ticker

6/recent/Ticker-posts

Unik, TNI Produktif Manfaatkan Lahan Kosong Kembangkan Ribuan Tanaman Buah

Salah seorang prajurit TNI Korem 011/Lilawangsa sedang merawat tanaman 


Lhokseumawe, indometro.id - Kreatif dan produktif, dimasa situasi covid 19 melanda, prajurit TNI Korem 011/Lilawangsa mampu manfaatkan lahan kosong menjadi tempat pengembangan bibit berbagai jenis tanaman, di Asrama TNI Korem 011/LW, Cunda, Kota Lhokseumawe, Kamis (31/12/2020).

Uniknya, hampir setahun sudah covid 19 melanda,  inilah yang dilakukan beberapa prajurit TNI ini, kembangkan ribuan bibit jenis tanaman keras, diantaranya, 4500 Bibit Durian, 2300 Alpukat 1100 Pinang 500 Mangga dan Bibit Kelengkeng sebanyak 200 batang.

Salah satu prajurit TNI produktif, Kopda Tomi mampu memanfaatkan waktu dan lahan yang ada sebagai tempat untuk budidayakan ribuan tumbuhan buah yang berstruktur keras dengan menargetkan sebanyak 100.000 berbagai jenis tanaman.

Kopda Tomi mengaku, cara ini merupakan idenya dalam menyalurkan bakat yang dimiliki, selain itu, dengan dukungan Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Sumirating Baskoro, sehingga Ia termotivasi untuk meneruskan bakat yang dimiliki seprti pengetahuan cara membuat bibit tanaman buah agar menjanjikan hasilnya.

Namun kendala yang dihadapi selama pembibitan, apabila musim penghujan karena dapat merendam lokasi lahan yang rendah tersebut bersama bibit tumbuhan yang dikerjakannya, sehingga tumbuhan tidak dapat berkembang dan akan mati apabila terlalu lama terendam air.

"Budidaya tanaman buah yang berstruktur keras ini, Ia hanya membutuhkan biji-bijian buah dari berbagai tumbuhan dan diolah menjadi bibit unggul yang nantinya akan siap tanam,"ujarnya. 

Diketahui, sebut Danrem, ribuan tumbuhan berbagai jenis tanaman ini nantinya akan diditribusikan ke Koramil yang berada di Kodim-Kodim jajaran Korem 011/Lilawangsa.

"Kemudian ribuan bibit tanaman ini akan ditanam oleh para Babinsa di tempat tugasnya masing-masing, serta dibekali cara membudidayakan tanaman buah yang dapat diteruskan kepada warga masyarakat binaannya dengan memanfaatkan waktu dan lahan yang tidak digunakan,"pungkas Danrem. 

Mahdi

Artikel Terkait