Ticker

6/recent/Ticker-posts

Peringatan HAB Ke-75 di Kabupaten Aceh Utara Digelar Sederhana

Kepala Kantor Kemenag Aceh Utara, H. Salamina, MA yang memimpin upcara peringatan HAB ke 75 


Aceh Utara, indometro.id - Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Ke-75 Kementerian Agama (Kemenag) RI di Kabupaten Aceh Utara digelar sederhana dengan tetap mengikuti protokol kesehatan dengan memakai masker. 

Upacara ditandai dengan pengibaran Bendera Merah Putih yang diiringi lagu Indonesia Raya yang berlangsung di halaman Kantor Kemenag Aceh Utara, Selasa (5/1/2021).

Bertindak sebagai inspektur upacara yakni Kepala Kantor Kemenag Aceh Utara, H. Salamina, MA selaku Inspektur Upacara. Pada kesempatan tersebut Salamina  sambutan Menteri Agama RI, H. Yaqut Cholil Quomas.

Dalam kesempatan tersebut disampaikan bahwa dengan mengusung tema  “Indonesia Rukun”, sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita - cita besar bangsa agar sejajar dengan bangsa lain di dunia.

Dimana pengembangan toleransi dan kerukunan antar umat beragama merupakan karya bersama para tokoh agama, para menteri Agama dan aparatur Kementerian Agama dari masa ke masa. Tanpa toleransi, tidak ada kerukunan. Karena toleransi dan kerukunan antar umat beragama dilakukan dengan tanpa mengusik aqidah dan keimanan masing - masing pemeluk agama.

"Kita dituntut saling menghargai hak-hak orang lain, sesuai dengan sila pertama Pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa” sebutnya.

Dikatakan, perkembangan toleransi saat ini tanpa mengusik aqidah masing-masing pemeluknya. Mengembangkan toleransi beragama tidak ada diktator mayoritas ataupun tirani minoritas.

“Bangsa Indonesia harus dapat menjaga persatuan di tengah kemajuan teknologi saai ini. Oleh karenanya, manajemen dan pelayanan harus lebih baik lagi”, tandasnya.

Kepada peserta yang sudah berhadir, H. Salamina menyampaikan terimakasih yang tidak terhingga, juga kepada seluruh panitia pelaksana dan perangkat upacara.

“Terima kasih atas kehadirannya pada kegiatan upacara HAB Ke-75 ini, yang kita laksanakan secara terbatas dan sederhana namun khidmat dengan tetap menjaga protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19," pungkasnya.

Selesai upacara dilanjutkan dengan pemberian cendera mata dan bingkisan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag Aceh Utara yang telah memasuki masa purnabakti dan juga kepada keluarga ASN Kemenag yang keluarganya telah meninggal dunia.

Selain itu juga penyerahan piagam penghargaan dan Tanda Kehormatan Karyalancana Karya Satya dari Prediden RI kepada sejumlah ASN Kemenag Aceh Utara yang sudah mengabdi 10 dan 20 tahun. 

Mahdi



Artikel Terkait