Ticker

6/recent/Ticker-posts

Kemesraan Ini Janganlah Berlalu

gotong-royong Jum’at bersih bersama

Simeulue, indometro.id
- Kehidupan bermasyarakat hidup damai berdampingan, hormat-menghormati, gotong-royong dan musyawarah-mufakat bersama, adalah asli adat dan tradisi leluhur masyarakat Indonesia yang diwariskan secara turun-temurun hingga saat ini.

Seperti yang tampak pada hari ini, Jum’at 22 Januari 2021 di Dusun Karya Baru, Desa Leubang, Kecamatan Teupah Barat, Kabupaten Simeulue, Aceh. Warga mengadakan rutinitas gotong-royong Jum’at bersih bersama, dimulai membersihkan jalan sekitar kampung juga tempat ibadah yaitu Meunasah Alkautsar di lingkungan mereka.

Kehangatan hubungan antar warga satu dengan lainnya sungguh sangat dirasakan di dusun tersebut. Hal ini tampak ketika mereka bersama sama bergotong- royong, sebagian orang ada yang membawa cangkul, parang, penyapu, dan juga sebagian lain nya membawa kereta sorong dari rumah masing-masing. Sungguh sebuah wujud kekompakan untuk saling melengkapi satu sama lainnya untuk menuju sebuah kesempurnaan.

Disela-sela kegiatan itu pula satu sama lain saling menyapa, sambil bersenda gurau menghiasi jalannya kegiatan yang sedang mereka kerjakan, seakan pekerjaan berat pun terasa ringan bila bersama-sama dilaksanakan.

Maksudin, sebagai Kepala Dusun Karya Baru ke media ini menjelaskan, bahwa kegiatan jum’at bersih rutin di lakukan di dusun yang dipimpin nya setiap seminggu sekali.

“Setiap pagi Jum’at kita selalu mengadakan kegiatan Jum’at bersih. Kegiatan ini selain intruksi dari Kepala Desa dan Camat, ini juga sudah menjadi kebiasaan warga Dusun Karya Baru sejak dulu”. Ucap sang Kadus yang akrab dengan warganya itu.

Di kegiatan jum’at bersih sekali ini selain dihadiri  kepala Desa Leubang, Gusti Amin, dan  warga dusun Karya Baru, juga tampak hadir ditengah-tengah mereka salah seorang Mahasiswa FISIP dari Universitas Syah Kuala, Yusril Yudi Safaat yang sedang KKN di Desa Leubang, ikut ambil bagian gotong royong bersama warga Dusun Karya Baru.

Amatan warga disini, Mahasiswa tersebut sangat akrab dengan warga ditempat nya melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN). “Yusril sangat aktif, saling berbagi ilmu dan pengalaman dengan para Tokoh dan warga, juga dia selalu tampak ikut dan tampil disetiap kegiatan Sosial juga keagamaan”, ucap Pak Sarmuda gharim di meunasah AlKautsar Dusun Karya Baru.

Sungguh masih sangat kental keharmonisan dan Persatuan di wilayah ini, sejuk, damai, tolong-menolong dan saling menghargai masih sangat dirasakan.

Sesaat sebelum kegiatan jum’at bersih hari ini usai, sembari melepaskan lelah dan dahaga warga kembali menyepakati kegiatan jum’at bersih yang akan datang, sambil menikmati secangkir kopi dan teh manis juga kue dan roti, dari hasil uang yang mereka kumpul masing-masing mereka yang berhadir. Alhasil, mereka sepakat bersama hari jum’at depan akan bergotong-royong kembali dan bersama-sama menimbun halaman Meunasah/Surau tempat ibadah yang mereka cintai.

(AA)



Artikel Terkait