Ticker

6/recent/Ticker-posts

Indonesia Bisa Hubungan Baik Dengan Israel Bukan Berarti Melawan Palestina

 

Sagi Karni, Duta Besar Israel di Singapura.


indometro.id - Sagi Karni, Duta besar Israel di Singapura,  menyatakan bahwa Indonesia sebenarnya bisa menjalin hubungan diplomatik dengan Israel sembari Indonesia tetap mendukung Palestina. la menilai normalisasi hubungan dengan Israel tidak berarti Indonesia melawan Palestina.


"Menurut saya Indonesia masih bisa mendukung Palestina dan di saat bersamaan menjalin hubungan yang baik dengan Israel," ujar Karni.  Karni menyebut hubungan diplomatik antara Israel dengan Indonesia merupakan win-win solution bagi kedua negara.


Karni menekankan bahwa Israel secara terbuka berminat untuk menjalin hubungan formal dengan Indonesia. Meski begitu, Indonesia selama ini enggan menanggapi tawaran tersebut. Selama ini Indonesia-Israel disebut Karni masih bisa berkomunikasi dan bekerja sama melalui jalur informal.


"Saya tidak bisa membenarkan atau membantah bahwa ada pertemuan antara pejabat kedua negara selama ini. Tapi yang ingin saya tekankan, kebijakan Israel jelas kepada Indone sia (tertarik menjalin hubungan formal). Jadi kedua negara telah pernah menjalin kontak selama ini," ucap Karni.

 

Tanpa hubungan diplomatik, Israel dan Indonesia disebut masih tetap bisa berkomunikasi dan bekerjasama lewat jalur informal.

Karni lantas menjelaskan bahwa sudah ada empat negara Arab yang menjalin hubungan diplomatik dengan Israel. Namun, hubungan tersebut tidak mengubah pendirian negara-negara tersebut terkait solidaritas terhadap Palestina. 


Menurut Karni, kampanye boikot Israel sebagai bentuk solidaritas kepada Palestina sudah gagal dan tak mempan lagi. la menyebut bahwa dunia Arab secara perlahan mulai mengakui Israel demi masa depan kawasan yang lebih baik.


"Karena itu, jika Indonesia mau normalisasi hubungan

dengan Israel, itu tidak berarti melawan Palestina," jelas Karni. "Pada akhirnya, saya yakin itu (normalisasi hubungan dengan Israel) bisa membantu mereka (Palestina) juga," ujar Karni.



(Andreas)

Artikel Terkait