Ticker

6/recent/Ticker-posts

Aksi Donor Darah ASN Pemerintah Aceh Capai 6.393 Kantong

Kepala Biro Keistimewaan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Aceh, Zahrol Fajri meninjau aksi Donor Darah ASN Pemerintah Aceh tahap IV di Dishub Aceh, Rabu, (13/12/2020).


Banda Aceh, indometro.idAksi donor darah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Aceh masih terus berjalan, hingga hari, Rabu (23/12/2020), total darah yang terkumpul sejak tahapan pertama hingga memasuki tahap keempat telah mencapai 6.393 kantong darah.

Kepala Biro Keistimewaan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Aceh, Zahrol Fajri, mengatakan penambahan jumlah darah pada hari ini sebanyak 89 kantong. Adapun jumlah tersebut hasil dari aksi donor darah pegawai ASN maupun non ASN di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh sebanyak 33 kantong dan Dinas Perhubungan Aceh sebanyak 56 kantong darah.

Zahrol menyebutkan, sejak aksi donor darah ASN dicanangkan pada Mai lalu atau mulainya tahapan I telah berhasil mengumpulkan sebanyak 2.236 kantong darah, tahap II sebanyak 2.135 kantong darah, dan di tahap ke III sebanyak 1.269 kantong darah.

“Selama donor darah tahapan keempat digelar, total darah yang terkumpul sudah mencapai 688 kantong untuk hari ini dan itu masih akan terus berlanjut hingga akhir Desember mendatang,” kata Zahrol dalam update harian hasil donor darah ASN.

Zahrol mengatakan, program donor darah ASN Pemerintah Aceh telah ditetapkan sebagai agenda rutin, yang mana ASN di setiap Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) didorong untuk mendonorkan darahnya secara sukarela. Setiap SKPA akan mendapatkan jadwal secara bergilir sesuai dengan ketentuan waktu donor darah.

Hal itu dilakukan sebagai upaya pemerintah dalam membantu Palang Merah Indonesia (PMI) dan Rumah Sakit di Banda Aceh dan Aceh Besar dalam memproleh dan memenuhi kebutuhan darah.

“Aksi donor darah ASN sudah berjalan hampir 7 bulan. Saya harap ASN kita tetap semangat dan jangan pernah bosan memberikan yang terbaik untuk masyarakat kita, salah satunya melalui donor darah, karena setetes darah kita kehidupan bagi orang lain,” kata Zahrol.

Maka itu, ia mengapresiasi para ASN yang secara sukarela mendukung aksi yang digagas oleh Gubernur Aceh itu. Ia berharap, aksi sosial ASN Pemerintah Aceh itu dapat terus berlanjut dan menjadi budaya yang baik di lingkungan Pemerintah Aceh.

Dalam kesempatan itu, Zahrol juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Aceh untuk ikut mendonorkan darah secara sukarela, karena kebutuhan darah di masa pandemi masih cukup tinggi.

“Mari donor darah. Jangan takut untuk mendonorkan. Kami optimis, gerakan donor darah ASN ini akan terus berlanjut, sehingga dapat mengatasi krisis darah yang selama ini terjadi di PMI,” tutup Zahrol.

Mahdi




Artikel Terkait