Ticker

6/recent/Ticker-posts

2 Kemungkinan Penyebab Ikan Cupang Anda Pucat Dan Memudar Warnanya

Tebing Tinggi, indometro.id - Ikan cupang saat ini memang telah  menjadi primadona di kalangan pecinta ikan hias. Kepopulerannya umumnya  dikarenakan warna mereka yang berwarna warni juga cerah menyala sehingga menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

Ikan cupang jantan biasanya memiliki warna yang lebih cerah daripada ikan cupang betina yang memiliki warna lebih lembut dan sedikit agak kusam.

Ikan cupang terkadang bisa berubah warna menjadi pucat  atau lebih pudar. Perubahan atau kepudaran warna ini disebabkan berbagai alasan. Dan adapun alasannya adalah :

ADA KEMUNGKINAN IKAN TERSEBUT STRESS

Alasan paling umum ikan cupang kehilangan warnanya, ada kemungkinan dikarenakan  stres. Banyak toko yang menjual atau memperdagangkan hewan peliharaan seperti ini seringkali menyimpannya di dalam wadah yang terlalu  kecil, dan mengemas ikan secara berdampingan di rak-rak kecil.

Ikan dalam wadah kecil ini akan tampak kusam dan kalem, dengan warna pucat.

Pemilihan aquarium yang dapat menampung setidaknya 1 galon air untuk mencegah penumpukan amonia berlebih pada ikan, bisa menjadi pencegahan pemudaran warna ikan cupang. Maka pilihlah aquarium yang memadai dan cocok dengan situasi jumlah ikan.

Selain itu, ikan cupang adalah spesies hewan tropis, dan aquarium anda harus memiliki pemanas kecil untuk menjaga suhu di antara 21 derajat celsius. Satu hal yang harus diperhatikan, Simpan ikan  cupang jantan di wadah terpisah dengan jantan lainnya untuk mencegah perkelahian.

KEMUNGKINAN LAIN ADALAH KARENA TERSERANG PENYAKIT.

Indikator penyakit yang terlihat pada ikan cupang adalah perubahan warna disebabkan  Infeksi jamur atau bakteri yang sering kali meninggalkan bercak yang tampak kabur atau berubah warna di sepanjang sisik ikan.

Penggantian air total bersama dengan perawatan jamur rutin dapat menghilangkan infeksi. Paling tidak dalam 3 hari sekali air harus diganti secara rutin.

Nama salah satu penyakit pada ikan cupang adalah  Jamur yang diakibatkan bakteri ,ini adalah nama penyakit umum lainnya yang dapat ditandai dengan  munculnya  bintik-bintik putih di sepanjang sisik dan sirip ikan cupang.  Jamur atau bakteri ini bisa berakibat fatal jika tidak segera diobati, tetapi peningkatan suhu air yang dikombinasikan dengan obat mungkin  akan segera dapat menghilangkan infeksi karena penyakit ini.

Penyakit jamur juga menyebabkan perubahan warna dan bisa berakibat fatal jika tidak ditangani. Jamur tersebut melapisi insang dan sisik dengan lapisan tipis berwarna kuning atau cokelat.

Rawatlah ikan penomenal ini dengan baik agar ikan ini dapat hidup lebih tahan lama . Pergantian air secara rutin sangan baik untung menstabilkan perjalanan hidupnya.

(Skn.53)

Artikel Terkait