Ticker

6/recent/Ticker-posts

LSM TOPAN-RI Bengkalis,Kritik Kinerja Dinsos Lambat Paska BST Tahap II dan III Tidak Kunjung Cair

Isnadi direktur LSM TOPAN-RI Kabupaten BengkalisLSM TOPAN-RI Bengkalis,Keritik Kinerja Dinsos Lambat Paska BST  Tahap II dan III Tidak Kunjung Cair

Bengkalis, indometro.id - Maraknya pembicaraan terkait dana Bantuan Sosial Tunai (BST) yang hingga saat ini belum dicairkan Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis tahap II dan III, mulai terungkap di mana duduk persoalannya.
Keterlambatan pencairan dana BST di sebabkan beberapa hal administrasi yang harus di selesaikan di gugus tugas, Dinas Sosial, Bappeda, inspektorat dan BPKAD.
Keterkaitan antar dinas dalam proses ini membuat keterlambatan pencairan dana ini terjadi.
Bendahara Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis Firdaus melalui sambungan telephon seluler menerangkan permasalahan yang mengakibatkan terjadinya keterlambatan pencairan dana BST tersebut.
Kita kan menunggu duit ni, duit ni belum ada sama kita. Masih tahap pengajuan, ada yang harus di lengkapi, masih ada pergeseran anggaran sebelumnya Pol PP tidak ada anggaran untuk buat pos, jadi dana yang tidak terpakai di pindahkan kesitu.
“Dari itu semua ada administrasinya, pergeseran anggaran melaui review anggaran Bappeda dan Inspektorat, sekarang ini masih di bahas, masih di review antara Bappeda dan Inspektorat setelah di review balik ke tim gugus tugas itu ditetapkan SK penetapan baru bisa di cairkan menurut BPKAD,” terang Firdaus kepada awak media, Selasa (21/07/2020)
Lebih lanjut Firdaus mengharapkan agar proses ini bisa berjalan dengan lancar dan tidak ada kendalanya lagi dan semoga cepat terselesaikan hingga SK di tanda tangani PLh Bupati Bengkalis.
Menanggapi hal tersebut di atas, Isnadi Direktur Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM TOPAN-RI) Kabupaten Bengkalis menyampaikan, sangat kecewa melihat kinerja Dinas Sosial Bengkalis sangat terkesan lambat dan mengabaikan sehingga Bantuan Sosial Tunai (BST) sampai detik ini tidak tersalurkan.
“Sudah ada berita mencuat baru kalangan instansi sibuk semua, dan banyak sekali memberikan alasan,” ucap Isnadi Direktur LSM TOPAN-RI, Selasa, (21/7/2020) di Bengkalis.
BST itukan untuk masyarakat banyak, jangan hanya bisa memberikan harapan, sehingga penyaluran BST tahap II dan III. Sekarang sudah bulan Juli, dan beberapa hari lagi sudah masuk bulan Agustus 2020.
“Sampai kapan masyarakat harus menunggu,” tegas Isnadi.
Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bengkalis jangan lempar bola kepada Gugus Tugas, dan jika alokasi anggarannya sudah tidak ada, tolong jelaskan kepada masyarakat.
“Kami dari LSM TOPAN-RI Kabupaten Bengkalis meminta dengan segera kepada Plh Bupati Bengkalis, agar dana BST ini secepatnya tersalurkan, mengingat masyarakat sangat butuh apalagi saat ini dalam situasi pandemi Covid-19,” jelasnya. (anang)