Ticker

6/recent/Ticker-posts

Musim hujan, Sejumlah Lokasi di Kota Bobong Masih "Terendam air"

Depan Kantor Trasnmigrasi Pulau Taliabu

TALIABU, indometro.id - Akibat cuaca tak bersahabat dengan lingkungan setempat, sejumlah lokasi di Ibu Bobong Kota Kabupaten Pulau Taliabu masih terendam air hingga saat ini. Kamis (11/6/2020).

Hal ini terlihat seperti sebelumnya bahwa sejumlah titik yang masih terendam air akibat hujan yang begitu lebat, diantaranya lokasi Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pulau Taliabu, Jalan Depan Kantor Trasnmigrasi Pulau Taliabu dan Sejumlah lokasi rumah warga di Kota Bobong.

Dalam pantaun media di tiga titik lokasi tersebut, genangan air lumayan tinggi sehingga masih tetap bertambah jika hujan semakin besar, hal ini sesuai ungkapan salah satu Ibu rumah tangga yg menolak namanya untuk dipublish, bahwa dari beberapa hari lalu lokasi rumahnya terdampak genangan air.

"Di teras rumah," katanya pada Pewarta Indometro.Id, Kamis (11/6/2020).

Selain itu, terkait genangan air yang berdampak pada beberapa pemukiman warga, menurutnya sudah seharusnya ada solusi sebagai preventif untuk saat ini hingga kedepannya.

"Harus dicari solusinya, karena sekalipun di gunung sudah dibuat saluran, tapi salurannya kalau tetap diarahkan ke depan mushallah tetap airnya akan tergenang, jadi harus dibuat tanggul yg mengarah kelaut, untuk semua genangan, bukan cuma satu lokasi saja, semua genangan harus dibuang ke laut," ujarnya

Dirinya menambahkan, bahwa segera dua Instansi yakni BPBD dan PU Kabupaten Pulau Taliabu menuntaskan persoalan ini.

"Dinas PU dan BPBD harus secepatnya, karena kalau tidak, selama musim hujan akan begini terus," tegasnya

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pulau Taliabu, Sutomo Teapon pada menyampaikan bahwa akan secepatnya dibuat saluran air sementara, untuk proses pembuangan air yang tergenang.

"Semua titik akan di buat saluran sementara untuk jalannya air," tulis Sutomo via WhatsApp.

Sementara saluran air yang sudah dibuat, kata Sutomo sudah 5 saluran, dan untuk perumahan yang terdampak banjir diprediksi berkisar sebagian lokasi.

"Kalau perumahan hampir sebagian," katanya

Dengan terjadinya dampak genangan air dibeberapa lokasi perkantoran serta perumahan warga, dirinya menghimbau agar tetap menjaga kebersihan di lingkungan sekitar.

"Menjaga kebersihan lingkungan masing-masing dengan tidak membuang sampah sembarang," tutup Sutomo. (Bung Ode)

Artikel Terkait