-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Detik-detik Aksi Teror Benda Diduga Bom di Masjid Nurul Yaqin Kalteng

    redaksi
    Sabtu, 02 Mei 2020, Mei 02, 2020 WIB Last Updated 2020-05-02T04:24:58Z

    Ads:

    Teror Bom di Masjid Nurul Yaqin Kuala Pembuang Kalteng
    Teror bom di Masjid Nurul Yaqin, Kuala Pembuang, Kalteng.


    Jakarta, indometro.id - Teror benda diduga bom terjadi di Masjid Nurul Yaqin, Kuala Pembuang, Kalimantan Tengah. Pelaku HG alias Iwan (22) telah ditangkap jajaran Polda Kalteng.

    Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Hendra Rochmawan mengatakan teror benda diduga bom ini terjadi di Masjid Nurul Yaqin, Kuala Pembuang, Kecamatan Pembuang Hilir, Kabupaten Seruyan, pada Jumat, 2 Mei 2020, menjelang salat Isya.
    Pelaku HG alias Iwan kini masih diperiksa secara intensif guna mengungkap motif pelaku. Berikut detik-detik teror benda diduga bom itu:

    Jumat, 1 Mei.2020

    Pukul 18.00 WIB

    Aksi pelaku HG alias Iwan terekam CCTV saat meletakkan rangkaian diduga bom.

    Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Hendra Rochmawan menjelaskan, berdasarkan rekaman kamera CCTV Masjid Nurul Yaqin, benda diduga bom tersebut diletakkan laki-laki muda, perawakan sedang, menggunakan kaus oblong warna cerah dan celana pendek warna gelap.

    Pria ini masuk ke masjid dan meletakkan rangkaian diduga bom di teras masjid pada Jumat (1/5/2020) sekitar pukul 18.00 WIB.

    Pantauan CCTV lainnya, lanjut Hendra, terlihat, sebelum tiba di masjid, HG alias Iwan menumpang motor bebek warna kuning dan turun di pertigaan Apotek Azmi seberang Toko Serba Rp 35 Ribu.

    Bermodal keterangan dan data yang minim tersebut, Kapolres Seruyan AKBP Agung Tri Widiantoro memerintahkan jajarannya segera mengungkap kasus yang menghebohkan masyarakat di tengah pandemi COVID-19 ini.

    "Setelah kami lakukan penyelidikan, diketahui Tosa kuning (sepeda motor) tersebut milik Saudara Akbar (saksi 1) yang pada saat kejadian digunakan oleh Saudara TH (20) saksi 2 untuk mengantar galon ke Jalan Kapten Mulyono, Kuala Pembuang I, Kabupaten Seruyan," ujar AKBP Agung.

    Menurut keterangan TH, lanjut AKBP Agung, selesai mengantar galon, dirinya kemudian bertemu teman SMA-nya bernama HG alias Iwan (22), warga Kampung Kumai, Kuala Pembuang, Kecamatan Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan.

    Selanjutnya HG alias Iwan memanggil TH bermaksud menumpang motor. Saat itu HG alias Iwan memperlihatkan benda yang mirip bom itu kepada rekannya sambil berkata, 'Ni bom, Wal'. Namun TH tidak mengindahkan.

    "Iwan terduga pelaku meminta tumpangan sampai di pertigaan Apotek Azmi. Kemudian turun tepat di pertigaan apotek. Selanjutnya berjalan kaki menuju Masjid Nurul Yaqin membawa benda diduga bom yang disembunyikan di dalam baju bagian depan," jelas AKBP Agung.

    Pukul 18.20 WIB

    Benda diduga bom ini diketahui pihak masjid sekitar pukul 18.20 WIB menjelang salat Isya. Warga melaporkan penemuan bom ke kepolisian.

    Sabtu, 2 Mei 2020

    Pukul 04.20 WIB

    Dari bukti CCTV dan keterangan para saksi tersebut, HG alias Iwan langsung diburu Unit Crisis Respon Time (CRT) Polres Seruyan. Terduga pelaku diringkus di kediamannya Sabtu (2/5/2020) sekitar pukul 04.20 WIB.

    "Pelaku berhasil kami tangkap di rumahnya menjelang pagi dan langsung kami bawa ke Polres untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya," ucapnya.Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Hendra Rochmawan mengatakan saat ini HG alias Iwan masih diperiksa intensif. Belum diketahui apa motif pelaku melakukan teror bom di bulan Ramadhan.

    "Kami akan terus mengembangkan kasus ini dan mengungkap motif dari terduga pelaku," ujar Hendra.

    Berita Ini Dikutip Dari : detiknews
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini