Ticker

6/recent/Ticker-posts

Istri Wakil Wali Kota Prabumulih Positif Covid-19

Ilustrasi
PRABUMULIH, indometro.id - Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 mengonfirmasi bahwa Reni Indayani (44), yang merupakan istri Wakil Wali Kota Prabumulih, Andriansyah Fikri dinyatakan positif terpapar virus corona.
Jubir Gugus Tugas Covid-19 Sumsel, Yusri mengatakan, pasien yang bersangkutan tercatat sebagai kasus positif nomor 18.
"Iya benar, hal ini juga sudah dinyatakan langsung oleh Wawako (Wakil Wali Kota) Prabumulih," katanya, Minggu 12 April 2020 kemarin.
Menurutnya, sebelum dinyatakan positif, pasien yang bersangkutan telah menjalani isolasi mandiri di kediamannya yang berada di Palembang. Berdasarkan laporan tim di lapangan, pasien nomor 18 itu dalam kondisi sehat dan tanpa gejala berarti.
"Hasil pemeriksaan pasien nomor 18 itu terjadi secara lokal, dan berdasarkan riwayatnya ada kontak dengan pasien positif nomor 02 yang juga berasal dari Prabumulih," paparnya.
Dia mengatakan, pasien positif Covid-19 tanpa gejala boleh saja melakukan isolasi mandiri. Namun dengan syarat tetap harus mematuhi aturan karantina. Misalnya tidak satu kamar dengan orang lain, membatasi kontak dengan keluarga, menggunakan masker meski berada di rumah, dan yang terpenting tidak melakukan aktivitas di luar rumah.
"Kami juga sudah sarankan agar yang bersangkutan dapat segera menjalani perawatan di rumah sakit saja. Sehingga kondisinya bisa lebih terkontrol,"
Untuk sementara kata dia, keluarga dari pasien nomor 18 itu ditempatkan di Kota Prabumulih. Khusus yang telah menjalin kontak langsung saat ini juga telah melakukan isolasi secara mandiri.
“Kami juga sudah meminta agar tim gugus tugas setempat dapat mengambil sampel keluarga yang bersangkutan. Selain itu kami juga harap dapat dimudahkan akses agar dapat melakukan tracing terkait kasus nomor 18 itu,” kata Yusri.
Dirinya mengapresiasi langkah Wakil Wali Kota Prabumulih yang bersedia menyatakan secara terbuka terkait kondisi yang dialami istrinya. Hal itu kata dia, dapat menjadi contoh bagi keluarga pasien lainnya.
"Kami juga mengimbau agar masyarakat tidak usah malu mengakui apabila dinyatakan sakit atau positif Covid-19 ini karena ini bukan aib. Sebab, hal ini penting sehingga masyarakat dapat lebih waspada dan memudahkan kami dalam bertugas," tandasnya.
Sementara itu, Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkot Prabumulih, Jerry Zahri Desta menyebut bahwa kondisi pasien nomor 18 itu saat ini sehat dan masih menjalani isolasi secara mandiri rumahnya yang berada di Palembang.
"Saat ini saya juga belum kontak dengan Wawako, tapi yang jelas kalau ibu kondisinya sehat dan ada di Palembang, bapak juga sehat saat ini ada di Prabumulih," ujar Jerry.

Berita ini sudaah terbit di OKEnews