Ticker

6/recent/Ticker-posts

5 Kebaikan Tetap di Rumah Selama Ramadhan saat Pandemi Covid-19

Ilustrasi
JAKARTA, indometro.id - Bagi sebagian orang, menjalani puasa Ramadhan 1441 Hijriah atau tahun 2020 mungkin terasa lebih sulit dibanding tahun-tahun sebelumnya. Masyarakat harus mengikuti anjuran tetap di rumah, dan meninggalkan sementara kegiatan yang kerap dilakukan setiap tahunnya di bulan Ramadhan.
Berada di rumah berarti aman dan ikut memutus mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19. Namun, dengan berada di rumah, bukan berarti tak ada kebaikan yang bisa di dapat masyarakat.
Okezone mencatat ada beberapa kebaikan yang bisa dimanfaatkan umat muslim dengan tetap di rumah saat Ramadhan. Berikut rangkuman Okezone dari berbagai sumber :
1. Sahur dan Buka Puasa Bisa Bersama Keluarga
Sahur dan buka bersama keluarga adalah momentum luas biasa, bagi masyarakat yang biasanya disibukkan dengan aktivitas pekerjaan. Saat ini, diberikan hikmah dengan wabah Covid-19 bisa membangun kebersamaan keluarga.
2. Salat Wajib dan Tarawih Dilaksanakan dengan Keluarga

Sebelum adanya wabah Covid-19 di Indonesia kebanyakan umat Muslim di Indonesia berusaha untuk setiap waktu salat dilaksanakan di masjid. Sebab, di bulan suci ini, Allah SWT menjanjikan setiap ibadah sunnah, maka akan mendapat ganjaran pahala seperti menjalan ibadah wajib.

Lalu, selain itu, aktivitas lain yang biasa dilaksanakan di masjid adalah salat sunnah Tarawih. Namun, sejak pandemi ini terus menyerang Indonesia, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa agar melakukan salat Tarawih secara berjamaah bersama keluarga di rumahnya masing-masing. Hikmah yang bisa diambil, masyarakat bisa menunaikan salat bersama keluarga di rumah.
3. Rumah sebagai Tempat Ibadah 
Dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti ini, umat Muslim diminta untuk menjalankan semua kegiatan ibadah dari rumah. Salah satu contohnya seperti salat berjamaah dan membaca Alquran. Kondisi demikian semakin mencerminkan "rumahku adalah surgaku".
4. Menabung
Pandemi Covid-19 membuat semua perekonomian terganggu karena sebagian besar aktivitas ekonomi ditutup sampai wabah ini mereda. Namun, bagi mereka yang masih mendapat gaji bulanan, bisa menabung.
Dengan di rumah saja selama Ramadhan dapat menghemat pengeluaran. Salah satu contohnya, bisa mengalokasikan anggaran yang biasa digunakan untuk buka puasa bersama teman-teman atau sekadar jalan-jalan menunggu waktu berbuka puasa, kini bisa ditabung.
5. Terhindar dari Penularan Covid-19
Dengan tetap di rumah saja, maka kemungkinan besar seseorang tertular penyakit asal Wuhan, China itu akan semakin kecil. Sehingga, kebaikan yang diperoleh yaitu bisa melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh tanpa adanya gangguan kesehatan.






Berita ini sudah terbit di OKEnews

Artikel Terkait