Listrik Padam, Sahur di Sumut Gelap Gulita, PLN Minta Maaf kepada Umat Muslim - Indometro Media

Berita Terbaru

Thursday, May 9, 2019

Listrik Padam, Sahur di Sumut Gelap Gulita, PLN Minta Maaf kepada Umat Muslim

Baca Juga

Proses perbaikan Curent Trafo (CT) di PLTU Belawan, Kamis (9/5). 
MEDAN,INDOMETRO.ID – Masyarakat umat Islam yang kesal dengan padam listrik itu lantas menumpahkan kekesalan mereka di media social, baik di Whatsupp (WA) maupun Facebook dengan melontarkan kata-kata sumpah serapah hingga caki-maki kepada PLN. 

“Sebelum Ramadan listrik gak pernah padam, kenapa sekarang malah dua kali mati, ini sangat menggangu kita menjalankan puasa,” keluh Hendra, warga Medan Marelan, Kamis (9/5).
Manager Komunikasi PLN UIW Sumatera Utara Rudi Artono menjelaskan, pada waktu dini hari pukul 02.45 WIB terjadi kerusakan terjadi pada Current Transformer (CT), peralatan yang mengubah besaran arus dari besar ke kecil ataupun sebaliknya sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan, dengan arus 150kV. Namun dengan mengerahkan seluruh tim, PLN berhasil memulihkan dengan cepat kondisi sistem kelistrikan Sumbagut.
“Kondisi kelistrikan saat ini sudah pulih sejak pukul 06.38 WIB dengan menyediakan tim untuk recovery yang dilakukan di lokasi CT tersebut. Semua sistem sudah sinkron dan kini pelanggan dapat beraktivitas kembali. Mohon maaf jika sempat mengalami gangguan,” ujar Rudi.
Rudi memaparkan, bahwa pukul 04.47-06.38 WIB dilakukan pemulihan beberapa sistem kelistrikan dengan daya listrik yang sudah pulih sekitar 24 MW. Sempat mengalami kekurangan daya listrik sebesar 80 MW, namun pukul 06.38 WIB seluruh sistem kelistrikan sudah recover dan listrik sudah dapat dinikmati kembali oleh masyarakat.
Dikatakan Rudi, bahwa beberapa Pembangkit seperti PLTU Nagan Raya 1 dan 2, PLTU Pangkalan Susu 2, PLTGU Belawan, ST 2.0, PLTG Marine Vessel Power Plant dan Belawan, serta PLTD AKE mengalami trip atau padam sehingga terpaksa dan harus dilakukan recovery dengan waktu yang cukup lama.
“PLN berupaya cepat dalam memulihkan sistem kelistrikan di Sumbagut dan PLN meminta maaf atas ketidaknyamanannya dalam penggunaaan listrik di waktu subuh ini (kemarein,Red),” ucap Rudi.
Gubsu Edy Rahmayadi menanggapi perihal padam listrik tersebut. Dia berharap tidak ada lagi pemadaman saat bulan puasa hingga perayaan Idul Fitri awal Juni 2019.”Saya sudah cek PLN tadi pagi Kamis, mereka sudah lakukan perbaikan,” ujar Gubernur Edy di arena Musrenbang di Hotel Shangri-La Jakarta Kamis (9/5/2019). Dia meyakini masalah kerusakan di pembangkit milik PLN segera diatasi. Berdasarkan laporan yang diterimanya, pihak PLN sudah melakukan perbaikan pada unit pembangkit dimaksud.
PLN Medan Lakukan Pemeliharaan
Sementara itu, untuk menambah keandalan listrik dan menjaga listrik tidak terjadi padam, PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Medan melakukan pemeliharaan jaraingan. Meskipun, saat melakukan pemeliharaan tersebut, PLN terpaksa melakukan pemadaman beberapa jam di wilayah yang tengah dilakukan pemeliharaan.
Adapun pemeliharaan tersebut dilakukan pada Sabtu (11/5) di Rayon PLN Medan Kota, dengan wilayah padam di JL. Diponegoro, Jl. T. Daut,, Jl. Hang Tuah, Jl. Hang Kesturi, Jl. Hang Jebat,Jl. Cik Ditiro, Jl. Kartini, Ktr Gubsu, Ktr BII, Ktr Dep Keuangan, Univ Metodis SMAN.1. Kemudian, Jl. Zainal Arifin, Jl. T. Umar, Jl. Muara Takus, Jl. Pagaruyung, Jl. Cik Ditiro, Jl. Taruma, Jl. S. Parman, Jl. Abd Lubis. Pemadaman di wilayah ini mulai pukul 14.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.
Kemudian, Selasa (14/5), pemeliharaan di wilayah Medanbaru dan Medan Selatan. Sedangkan lokasi pemadaman di Jl Seibatanghari, Gajah Mada, Setiabudi simp Murni, Jl Setia, Dwikora, Intisari, Jl. Selambo Toba, Jl.Dame, Jl. MG. Manurung, Jl.SM.Raja Km.8 s/d 11 . MAPOLDASU, Jl. Martoba, Jl. Bendungan I, Perumahan Rivera, Komplek ATC. Dilokasi ini pemadaman dimulai pukul 09.00 WIB-13.00 WIB.
Selanjutnya, pada Rabu (15/5), pemeliharaan di rayon PLN Medan Selatan dengan wilayah padam di Jl.Tritura, ASRAMA WIDURI,Jl.SM.Raja, Jl. Bajak II s.d Jl. Bajak VIII, Jl. Garu VI s.d Garu VIII RS. MITRA MEDIKA. Di lokasi ini pemadaman mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB.
Lalu, pada Kamis (16/5), pemeliharaan di rayon Medan Kota dan Medan Sunggal. Sedangkan wilayah padam di Jl. AR Hakim, Komp Asia Mega Mas sebagian, Jl. Denai sebagian, Jl. Puskesmas, Jl. BLK, Jl. Perwira, Jl. Elang, Jl. Aluminium, Gg. Resmi, Jl. Gatsu, Serba Setia,Jl. Binjai Kp Lalang, Psr V. Komplek cina, Psr V Cinta Damai, Psr III Cinta Damai, Psr I Cinta Damai,Gg. Harapan, Gatsu simpang Sei Sekambing, Komplek Tomang Elok, Jl. Raja Wali, Jl. Murai,Jl. Garuda, Kodam I BB, Jl. Cenderawasih, Jl. TB Simatupang, Jl. Wakaf, Jl. Swadaya, JL. PU, Jl. Gg. Kapur, Jl. Bunga Raya, Jl. Pantai Harapan, Jl. Lembah Berkah, Polsek Sunggal, Jl. Seroja. Di lokasi ini, pemadaman mulai pukul 10.00 WIB-13.00 WIB. (sp)

No comments:

Post a Comment