-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Sumenep Diguncang Gempa 4,9 SR

    redaksi
    Selasa, 02 April 2019, April 02, 2019 WIB Last Updated 2019-04-02T04:46:40Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh
    Pusat gempa Sumenep.
    Pusat gempa Sumenep.
    INDOMETRO.IDBadan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis bahwa wilayah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur diguncang gempa bumi tektonik, Selasa 2 April 2019, pukul 08.22 WIB. 



    "Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa bumi ini berkekuatan M=5,0, yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=4,9," ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono dalam keterangannya di Jakarta, Selasa. 

    Untuk episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,22 Lintang Selatan dan 114,56 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 83 kilometer arah tenggara Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur pada kedalaman lima kilometer.
    Maka, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal yang diperkirakan akibat aktivitas sesar aktif. 
    "Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan sesar naik (thrust fault)," katanya. 
    BACA JUGA:

    Rahmat menambahkan, guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di Pulau Sapudi dalam skala intensitas III-IV MMI, Situbondo dalam skala intensitas II-III MMI, Banyuwangi, Denpasar dan Singaraja II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. 
    "Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami," tuturnya. 
    Hingga pukul 08.46 WIB, hasil monitoring BMKG sudah terjadi gempa susulan (aftershock) sebanyak dua kali berkekuatan M=3,0 dan M=3,6. 
    Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat, agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (vv)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini