Sempat Lost Contact di Pulau Sarang Alu, 9 WN Australia Akhirnya Ditemukan - Indometro Media

Berita Terbaru

Thursday, August 23, 2018

Sempat Lost Contact di Pulau Sarang Alu, 9 WN Australia Akhirnya Ditemukan

Baca Juga

Kondisi 9 Wisman asal Australia yang dilaporkan hilang di Perairan antara Pulau Nias Utara dan Pulau Banyak, Aceh Singkil, setelah selamat
NIAS UTARA, INDOMETRO.ID-  Setelah dinyatakan hilang di antara Perairan Nias Utara dengan Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil pada Rabu, 22 Agustus 2018, Kapal Motor (KM) Jaya GT 06 pengangkut 9 wisatawan mancanegara (wisman) asal Australia, akhirnya ditemukan dalam kondisi selamat.
Data yang dihimpun Onlinesumut, ke sembilan wisatawan itu ditemukan setelah disusul pihak keluarga mereka ke Perairan Pulau Sarang Alu, Kabupaten Aceh Singkil, Kamis (23/8/2018) sekitar pukul 01.50 wib. Kesembilan wisman asal Negeri Kangguru yang dinyatakan sempat hilang itu diantaranya Mal Harvey, Callum Murray, James Munro, Mark Morstead, Tim Skate, Simon Mamnix, Nicholas Skate, Dr Peter Braun, dan Hugh Gilchrist.
Kepala Pos Sar Nias Tonggor mengatakan, saat kapal yang membawa wisatawan itu berlayar dari Nias Utara ke Pulau Baung, komunikasi masih bisa dilakukan.
“Jarak tempuh normal dari Nias Utara ke Pulau Baung yang masih dalam perairan Nias sekitar 3 jam” ungkapnya saat dihubungi via telepon, Kamis siang.
Namun kapal pembawa itu akhirnya dinyatakan hilang saat melanjutkan pelayaran dari Pulau Sarang Alu hendak menuju ke Pulau Banyak.
“Ternyata di sekitar perairan itu, kapal yang mereka tumpangi mengalami gangguan mesin. Nakhoda lantas memutuskan lego jangkar. Tapi karena ketakutan, para wisman yang sudah panik itu loncat ke laut dan memilih berenang karena merasa Pulau Banyak sudah terlihat. Tapi untunglah mereka selamat” paparnya.
Kapolres Nias, AKBP Deni Kurniawan yang dikonfirmasi juga membenarkan bahwa wisman yang sempat hilang kontak (lost contact) di Perairan Nias Utara dengan Pulau Banyak, Aceh Singkil telah ditemukan dalam keadaan selamat.
“Kondisinya semua selamat. Memang sempat hilang kontak kapalnya yang ditumpangi wisman asal Australia,” terangnya saat dikorfirmasi wartawan, Kamis siang.
Kata Deni, awalnya KM Jaya berangkat sejak Selasa, 21 Agustus 2018 dari Pelabuhan Lahewa, Kab Nias Utara dengan tujuan Pulau Ujung Lolok, Aceh Singkil. Ketika berada di Perairan Pulau Sarang Alu keesokan harinya, sekitar pukul 14.40 wib, tiba-tiba mesin kapal mengalami kerusakan. Nahkoda kapal, Okta Derita memerintahkan anak buah kapal (ABK) Dulu Zai dan Leli Zebua untuk melakukan lego jangkar.
Sekitar pukul 17.00 wib, pihak keluarga melakukan pencarian dan ditemukan KM Jaya di Pulau Sarang Alu Kabupaten Aceh Singkil. “Nahkoda dan penumpang ditemukan dalam keadaan selamat. Lalu penumpang dipindahkan ke kapal keluarga dan diantar ke Pulau Ujung Lolok Kabupaten Aceh Singkil,” jelas Deni.
Setelah tiba di Pulau Ujung Lolok, lanjut Deni, mereka diinapkan di Resort Riska dalam keadaan selamat. “Pukul 21.00 WIB, nahkoda kapal dan keluarga melanjutkan perjalanan pulang menuju Desa Ujung Sialit Kabupaten Aceh Singkil dalam keadaan selamat,” tutupnya.(ol)

No comments:

Post a Comment