-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Riau Rhytim Akan Tour Ke Perancis Dan Amerika Selatan, Rilis Album ke 9 Melayu Fusion : "Indonesia Adalah Melayu"

    Mahmed_Firdaus
    Senin, 06 Mei 2024, Mei 06, 2024 WIB Last Updated 2024-05-06T08:01:51Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh
    INDOMETRO.ID, PEKANBARU - Riau Rhythm konsisten merambah jalan sunyi, untuk melestarikan dan mengedukasi musik tradisi melayu, Selama itu pula sebanyak 9 album telah dibuat. Album terakhir, album ke-9, grup ini merencanakan tur ke Eropa. (6/5/24) 

    Rino Dezapaty dan kawan-kawan akan kembali ke Prancis. Di sana mereka berencana merilis album ke-9 tersebut.‘ ’Tur Eropa ini titiknya di Prancis dan akan berkembang tergantung promotor,’’ ungkap Rino.

    Perjalanan 9 album ini merupakan perjalan musik yang panjang yang dipicu kegelisahan tanpa henti Riau Rhythm untuk terus berkarya memperkenalkan musik tradisi Melayu.

    Sepanjang 23 tahun ini, tidak hanya personel dan formasi yang berganti secara dinamis. Tapi juga aliran yang dipadukan dengan gambus ini juga ikut berubah. Misalnya setelah melewati 2009, perjalanan album ke-5 hingga ke-6, Riau Rhythm masih mempertahankan konsep Melayu fusion.

    Perjalanan generasi kedua, di mana generasi pertama yang hanya menyisakan Rino sendiri, akhirnya berakhir setelah 9 tahun perjalanan. Generasi ketiga ini ditandai dengan karya musik berbasis riset historis dan antropologis dan konten yang lebih dalam.

    Menurut Rino Dezapaty, kru Riau Rhythm selalu gelisah. Mereka selalu duduk, diskusi dan membicarakan apa program selanjutnya. Karya apalagi, konsep, desain bahkan mereka memikirkan calon penonton. Bahkan mereka akan berpikir, ke negara mana dan bagaimana membiayainya.

    Kami sudah tidak berbicara lagi Melayu Riau, tetapi sudah berbicara bahwa Indonesia ini bangsa Melayu, ungkapnya, Jadi ada karya yang dari Makassar kami bawa Mapalece Bombang judulnya dari Bugis dan juga karya-karya dari Sumatra Utara, Kronik Silalahi yang album kesembilan yang akan dipamerkan tahun ini,’’ sebut Rino.

    Semua itu tergambar dalam album Spice Route yang membuat Rino mendeklarasikan bahwa tidak hanya Melayu Riau, tapi bangsa Indonesia adalah bangsa Melayu besar. Musik ini, dengan ruh dan instrumen musik Melayu akan terus berkembang. Begawai Talang Mamak sampai ‘Mapalece Bombang Bugis cukup mewakili hal itu.(end)


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini