-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    7 Desa Di Kecamatan Koting Laksanakan Pemutakhiran Data SDGs Desa Tahun 2024

    Kamis, 11 April 2024, April 11, 2024 WIB Last Updated 2024-04-12T07:45:35Z

    Ads :

    Pemutakhiran Data SDDs Desa Tahun 2024

    Maumere, indometro.id- 7 Desa di Kecamatan Koting Kabupaten Sikka saat ini tengah melaksanakan pemutakhiran data Sustainable Development Goals atau SDGs Desa tahun 2024.


    Ketujuh Desa tersebut adalah Desa Koting A, Desa Koting B, Desa Koting C, Desa Koting D, Desa Paubekor, Desa Ribang dan Desa Waturepa. 


    Pelaksanaan pemutakhiram dijalankan oleh Kelompok Kerja Relawan atau enumerator yang ditetapkan melalui Surat Keputusan Kepala Desa. Kegiatan dimulai sejak awal Maret dan ditargetkan rampung pada akhir April 2024.


    Pemutakhiran data SDGs Desa adalah pembaharuan data IDM yang lebih mikro dan detail mengenai data-data individu, keluarga, rukun tetangga dan Desa. 


    Sustainable Development Goals merupakan upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. 


    Berdasarkan Peraturan Menteri Desa Nomor 21 Tahun 2020 dijelaskan siklus perencanaan Desa berawal dari pendataan Desa kemudian perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan pertanggungjawaban. 


    Sebelum ke lapangan para enumeratorr diberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) oleh Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa. Materi Bimtek meliputi pengisian format kuesioner baik secara manual maupun aplikasi serta rekapitulasi hasil pendataan. 


    Desa Koting B memulai pemutakhiran pada, Senin, (8/4/2024)..Tim enumerator mendatangi satu per satu rumah warga. Selain untuk mewawancarai Kepala dan anggota keluarga, enumerator juga mengamati secara langsung kondisi rumah antara lain jenis dinding dan lantai, fasilitas pembuangan sampah dan limbah, penerangan rumah dan sumber air bersih. 


    Hasil wawancara dan pengamatan tersebut dicatat ke dalam format kuesioner yang telah disediakan enumerator. 


    Sementara di Desa Ribang, Paubekor, Waturepa, Koting C dan Koting D aktifitas tim enumerator sudah memasuki proses rekapitulasi data. Semua data hasil pemutakhiran diinput ke dalam format rekapitulasi. 


    Data yang direkap meliputi data kependudukan, kepemilikan rumah dan kondisi tempat tinggal, penerangan, kepemilikan jamban dan air bersih, rumah tangga miskin, kepemilikan jaminan sosial, disabilitas, penyakit yang diderita warga, penghasilan dan lain-lain. 


    Sedangkan di Desa Koting A para enumerator telah menyelesaikan rekapitulasi data sehingga tahapan berikutnya adalah menginput data ke dalam dashboard SDGs Desa. 


    Hasil rekapitulasi data akan diuji kembali kebenarannya (divalidasi) dan ditetapkan melalui Musyawarah Desa Khusus Penetapan Pemutakhiran Data SDGs Desa. Hasil Musyawarah Desa khusus ini nantinya akan digunakan oleh Pemerintah Desa bersama Pendamping Lokal Desa (PLD) untuk menginput data Indeks Desa Membangun (IDM). 


    Indeks Desa Membangun (IDM) merupakan Indeks Komposit yang dibentuk berdasarkan Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi dan Indeks Ketahanan Lingkungan atau Ekologi. Dari ketiga Indeks ini akan menentukan status kemajuan suatu Desa. 


    Tenaga Pendamping Profesional Kecamatan Koting memberikan apresiasi kepada tim enumerator yang saat ini sedang melaksanakan tugas di lapangan. Disebutkan, Partisipasi dan kerja keras para enumerator ini sangat menentukan arah kemajuan Desa ke depannya. 


    "Sebab data SDGs Desa sebagai basis data utama perencanaan pembangunan Desa. Di mana, sebagai acuan perumusan Rencana Kerja Pemerintah Desa tahun 2025", kata Pendamping Desa Kecamatan Koting, Silvester Moan Nurak.


    Selain itu, data SDGs juga menjadi salah satu data dasar utama perumusan kebijakan baik tingkat pusat maupun daerah dalam rangka mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals). 


    Anggaran kegiatan pemutakhiran SDGs Desa dan data Indeks Desa Membangun (IDM) ini tertuang dalam dokumen Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APD Desa) tahun 2024.


    Pemerintah Desa juga menyediakan fasilitas penunjang bagi para enumerator berupa format kuesioner, pulsa internet, laptop, anggaran makan minum dan honor serta beberapa fasilitas lainnya. (T/M). 


    Dokumentasi:


    Enumerator Desa Koing B sedang memperbaharui data SDGs Desa

    Enumerator Desa Koting B sedang mewawancarai salah satu anggota keluarga

    Rekapitulasi Data oleh enumerator Desa Ribang

    Enumerator melakukan wawancara terhadap responden

    Pengambilan data responden

    Pengambilan data responden

    Rekapitulasi data di Desa Paubekor

    Pengambilan data responden

    Pengambilan data responden









    Komentar

    Tampilkan

    Terkini