-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Makerti Ayuning Segara Jelang Nyepi Saka 1946 Tahun 2024 Sukses Digelar

    Idewa Adiyadnya
    Sabtu, 02 Maret 2024, Maret 02, 2024 WIB Last Updated 2024-03-02T16:42:04Z

    Ads:

     

    Ketua Panitia Dharma Shanti Nasional dan Ketua Umum PHDI Pusat hadiri giat Makerthi Ayuning Segara 

    Jakarta, Indometro.id-

    Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Bekasi yaitu I Gusti Made Rudhita bersama-sama dengan Ketua Panitia Nyepi Banjar Bekasi 2024 yaitu I Wayan Supriaharta kompak mengucapkan rasa  angayubagia. Rasa syukur karena giat Makerti Ayuning Segara yang dihadiri langsung oleh Ketua Panitia Dharma Shanti Nasional hari ini tanggal 2 Maret 2024 di wilayah Bekasi sukses digelar.


    Ketua panitia Dharma Shanti Nasional 2024 yaitu Brigjen TNI Ketut Gede Wetan Pastia mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk implementasi dari ajatan Hindu yakni Tri Hita karana.


    “Makerthi ayuning segara merupakan agenda untuk menjaga, merawat, dan melestarikan lautan. Hal ini sebagai implementasi dari ajaran adiluhung kita yaitu Tri Hita Karana. Parhyangan, pawongan, dan palemahan,” ujarnya.

    Ketua Panitia Nyepi Banjar Bekasi yaitu I Wayan Supriaharta menandatangani prasasti

    Ketut Gede Wetan menambahkan bahwa kegiatan makerthi ayuning segara hari ini, dan prosesi melasti esok hari, sebagai kegiatan rutin setiap menjelang Hari Raya Nyepi.


    “Pelaksanaan bersih-bersih pantai hari ini biasa dilakukan, namun kali ini adalah istimewa karena sebagai rangkaian dalam menyambut Hari Suci Nyepi, dan juga besok Minggu tanggal 3 Maret 2024 akan dilaksanakan melasti”, sambungnya.


    Ketua Umum Pengurus harian PHDI Pusat yaitu Mayjen TNI Purn Wisnu Bawa Tenaya menyampaikan rasa terima kasihnya atas partisipasi seluruh pihak dalam kegiatan tersebut.

    Ketua PHDI Kota Bekasi yaitu I Gusti Made Rudhita menyampaikan laporan

    “Terima kasih atas kerja sama dan partisipasi semua pihak, Camat, Kepala Desa, RW, Kapolsek, Danramil, UPTD dan warga Desa Segara Jaya, seluruh umat dan warga yang turut membantu kesuksesan acara ini” ujarnya.


    Lebih lanjut Ketum PHDI menambahkan bahwa kegiatan ini sebagai wujud kepedulian masyarakat terhadap sesama dan lingkungannya, sehingga dapat menjaga kebersihan dan kelancaran acara.


    Makerti Ayuning Segara merupakan kegiatan positif sebelum melakukan melasti, dengan bersih-bersih pantai yang akan digunakan umat untuk pelaksanaan prosesi melasti. Hal ini menunjukkan kepedulian kita semua, umat Hindu dan semua masyarakat peduli akan lingkungan, peduli menjaga kebersihan, sangat penting kita menjaga kebersihan sekala dan niskala. ,” tandasnya.

    (Dewa)


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini