-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    PPS Bergerak Harmoni Hingga Australia Menuju Russia, Bukti Cinta Putra-Putri Solo 2023 Untuk Kota Surakarta

    Selasa, 20 Februari 2024, Februari 20, 2024 WIB Last Updated 2024-02-22T03:23:13Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh

     


    SURAKARTA (JAWA TENGAH), INDOMETRO.id - Putra-Putri Solo (PPS) Bergerak Harmoni (#PPSBergerakHarmoni) merupakan project yang dilaksanakan oleh Putra-Putri Solo 2023 di bawah naungan Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Surakarta, Jawa Tengah (Jateng).

    Gerakan #PPSBergerakHarmoni, yang dibimbing oleh Putra Solo 2011 Arif Adi Setiawan, Ns., M.Kep., C.PT., C.PS. ini, diawali dengan pelaksanaan grand launching pada tanggal 28 Oktober 2023 bertempat di Sasono Krida Mangkubumen Surakarta yang bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda sebagai komitmen peran pemuda masa kini.

    Seluruh rangkaian kegiatan selesai dengan ditandai closing ceremony di Taman Monumen 45 Banjarsari Surakarta, Minggu 18 Februari 2024 yang sekaligus telah menjadi saksi puncak perjalanan para Abhiyasa Muda menyelesaikan gerakan #PPSBergerakHarmoni.

    Closing ceremony mengangkat tema Kala Sahwahita : Kridhaning Pra Abhiyasa Mudha yang memiliki arti waktu yang digunakan para Putra Putri Solo 2023 sebagai Begawan Abhiyasa Muda dalam mewujudkan #PPSBergerakHarmoni yang bermanfaat bagi sekitarnya.

    Dalam kegiatan penutupan ini juga dihadiri oleh perwakilan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Surakarta, Paguyuban Putra-Putri Solo, Masyarakat Mitra implementasi #PPSBergerakHarmoni dan Umum.

    Putra Putri Solo 2023 juga, merasa sangat terhormat dan juga berterima kasih atas partisipasi dan dukungan penuh dari seluruh pihak, diantaranya Pemerintah Kota Surakarta, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pendidikan, dan Arif Adi Setiawan (Putra Solo 2011) selaku pembimbing dan founder #PPSBergerakHarmoni, serta seluruh sponsor, komunitas, maupun media partner yang tidak dapat disebutkan satu persatu.

    Arif menuturkan, gerakan #PPSBergerakHarmoni merupakan salah satu wujud nyata dari pemerintah kota Surakarta dan Paguyuban Putra Putri Solo di dalam hal pembinaan kepada generasi muda.

    "Sebagai duta Wisata dan Budaya Pemerintah Kota Surakarta, gerakan #PPSBergerakHarmoni memiliki 4 bidang fokus pemberdayaan sebagai luarannya yang juga disesuaikan dengan potensi yang ada di Kota Surakarta," ujarnya, dalam keterangan tertulis, Selasa 20 Februari 2024.

    Sejak grand launching 28 Oktober 2023 Putra-Putri Solo 2023 telah melaksanakan serangkaian kegiatan di berbagai bidang, yaitu bidang pariwisata dan budaya, pendidikan karakter, enterpreneur dan lingkungan.

    Dalam bidang pariwisata dan budaya ada Jelajah Sejarah dan Budaya Kampung Baluwarti (JADAH), bidang pendidikan karakter melalui Gerakan Aksi Inklusif dalam Harmoni bersama Putra-Putri Solo (KASIH PPS), bidang enterpreneur dengan Ambangun Negeri Jaya lan Asih (ARJA SRIYA) dan bidang lingkungan hidup yakni Saeka Praya Amilah Berkah (SERABI) dan Tanam Pohon Khas Solo di Kota Surakarta (TEPOSLIRA).

    #PPSBergerakHarmoni tidak hanya sebuah gerakan pemberdayaan masyarakat tetapi kegiatan ini memberikan berkah bagi profile Putra-Putri Solo 2023 sebagai role model anak muda kota solo yang berprestasi.

    Seperti Putra Solo Lingkungan 2023 Fauzan Rizki Irvanza yang Mendapatkan 'Fully Funded' atau di danai penuh untuk mempresentasikan #PPSBergerakharmoni di World Youth Festival di Russia 1-4 Maret 2024.

    Kemudian Putri Solo Lingkungan 2023 Rosa Mystica Kartika Putri Wardani yang berhasil mendapatkan Hibah bantuan pendanaan untuk #PPSBergerakHarmoni bidang lingkungan dari Australian AID dan PLAN International, Department of Foreign Affairs and Trade, Australia Government.

    #PPSBergerakHarmoni juga telah membawa Putra Solo 2023 Wimbi Praska Dewangga memperoleh bebas skripsi dan mendapatkan beasiswa untuk penyelesaian sebagai Sarjana Akutansi.

    Selanjutnya Putri Solo Favorite Queenflea Aiko telah diundang untuk mempresentasikan #PPSBergerakHarmoni dalam Forum bersama The media production collaboration, Curtin University di Perth Australia.

    Lalu Putri Solo 3 2023 Fitri Indriani Suroto dapat mengimplementasikan outcomes skripsinya tentang inclusive city melalui Workhshop bahasa isyarat untuk anak SMP di Solo.

    Dan berbagai dampak pengembangan diri secara personal dan profesional di seluruh Putra-Putri Solo 2023 sesuai dengan passion dalam bidang yang sudah terimplementasi.

    "Seiring dengan berakhirnya kegiatan ini, mari kita berikan apresiasi yang tulus juga kepada seluruh tim panitia PPS tahun 2023 yang telah bekerja keras dalam persiapan maupun pelaksanaan di setiap rangkaian kegiatannya," ungkapnya.

    "Meskipun #PPSBergerakHarmoni telah berakhir, semangatnya akan tetap hidup melalui jejak- jejak inspiratif yang ditinggalkannya. Bersama-sama, kita telah menciptakan sesuatu yang istimewa dan bermakna bagi kota tercinta 'Solo-Surakarta'," imbuh Arif.

    Rangkaian acara yang dimulai dengan senam bersama ini, kemudian dilanjutkan dengan launching Wedhang Putra Putri Solo dan diakhiri oleh penanaman pohon secara simbolis sebagai penutup acara. ***

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini