-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    SDN Karangtengah 1 Adakan Gelaran Budaya Dengan Libatkan UMKM Lokal

    SATRIA WAHYU KUSUMA
    Minggu, 24 Desember 2023, Desember 24, 2023 WIB Last Updated 2023-12-24T00:20:20Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh

    Indometro.id, Batang - SD Negeri Karangtengah 01 terus menunjukkan komitmennya dalam mewujudkan sekolah berkeunggulan seni dengan menggelar Gelaran Budaya yang menggugah semangat kreativitas para peserta didik. Acara yang berlangsung di halaman sekolah pada Sabtu (23/12/23). Tak hanya menjadi panggung seni, tetapi juga melibatkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dari masyarakat sekitar.


    Kepala Sekolah Yustin Susanti, M.Pd, mengatakan bahwa SDN Karangtengah 1 telah diakui sebagai sekolah berkeunggulan seni budaya oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batang. Melalui surat keputusan bupati nomor 900/478/2023, sekolah ini memperoleh tanggung jawab untuk memberikan pelayanan, pendampingan, dan pelatihan di bidang seni karawitan dan seni tari daerah kepada peserta didik.


    "SD Negeri Karangtengah 01 adalah salah satu sekolah yang mendapat kepercayaan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batang sebagai sekolah berkeunggulan lokal seni budaya, sebagaimana ditetapkan dalam surat keputusan bupati batang nomor 900/478/2023. Oleh karena itu,kami termotivasi untuk mewujudkan hal tersebut dengan melayani, mendampingi dan melatih para peserta didik dalam bidang seni karawitan dan seni tari daerah" jelasnya saat memberikan sambutan di Halaman SD N Karangtengah 01, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang, Sabtu (23/12/23).

    Gelaran Budaya ini menjadi wadah bagi peserta didik untuk mengekspresikan bakat dan minat mereka dalam seni. Dari panembromo, ladrang pariwisoto, jago kate, hingga tarian seperti gambyong, tampahan, dan asmarandhana, setiap elemen seni tradisional menjadi bagian dari pertunjukan yang memukau.


    Salah satu keunikan acara ini adalah adanya keterlibatan UMKM dari masyarakat sekitar. Deretan stan UMKM menghiasi sekitar lokasi acara, menawarkan produk-produk lokal yang berkualitas tinggi. Inisiatif ini menciptakan suasana pasar tradisional, memberikan dorongan positif untuk ekonomi lokal.


    Sementaraa itu, selaku Kabid SD Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Batang Yuliyanto S.P  memberikan apresiasi tinggi terhadap upaya SDN Karangtengah 01 dalam memajukan seni di kalangan sekolah.


    "Tak hanya unggul dalam sekolah adiwiyatanya saja, tapi dalam hal seni. Bisa kita lihat tadi ada karawitan, tarian-tarian, dan kuda lumping pada saat penyambutan kedatangan rombongan kami.

    Lebih lanjut, Dalam upayanya memotivasi sekolah lain, dirinya berharap agar inovasi dan kreativitas dalam seni yang ditunjukkan SDN Karangtengah 01 dapat didokumentasikan dengan baik.


    "Yang saya inginkan karya baru yang dibuat harus dibukukan, baik itu karawitan dan gamelan sudah dibukukan, tapi seperti tadi ada tarian tampahan yang baru yang diciptakan. Kedepanya tahapan-tahapan bagaimana cara menari dengan baik. Dimana nantinya dapat dievaluasi, kemudian bisa diikuti  tidak hanya di karangtengah saja, tetapi sekolah lain juga," harapnya.


    Sorak sorai dan tepuk tangan riang terdengar dari masyarakat sekitar yang sangat antusias menyaksikan penampilan anak-anak sekolah. Beberapa bahkan ikut bergabung dalam suasana penuh semangat tersebut, memberikan dukungan langsung kepada peserta didik. Acara ini tidak hanya memperkuat eksistensi seni budaya lokal di lingkungan sekolah, tetapi juga mendukung pengembangan ekonomi lokal melalui partisipasi UMKM.


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini