-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Mewakili Bupati Asisten I Hadiri Pelatihan Bilal Mayit Se-Kecamatan Labuhanbatu

    RH.Nasution
    Senin, 04 Desember 2023, Desember 04, 2023 WIB Last Updated 2023-12-04T15:28:17Z

    Ads:


    Indometro.id.-04/12/2023
    Mewakili Bupati Labuhanbatu, Asisten bidang Pemerintahan dan Kesra Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Drs. H. Sarimpunan Ritonga, M.Pd. membuka kegiatan Pelatihan Bilal Mayit Kabupaten Labuhanbatu yang diselenggarakan oleh Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu di Ruang Data dan Karya Kantor Bupati Labuhanbatu, Senin (04/12/2023).

    Sarimpunan mengatakan Pemkab Labuhanbatu dibawah pimpinan Bupati dr. H. Erik Adtrada Ritonga, MKM. dan Wakil Bupati Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd., MM. sangat berkomitmen dalam pembinaan kerohanian dan keumatan terutama hal-hal yang berhubungan dengan  kepentingan dan kemaslahatan umat. Salah satunya adalah fardhu kifayah, dalam hal ini adalah kewajiban kepada jenazah.

    “Akhir dari semua kehidupan kita, akan menuju kematian. Setiap yang bernyawa akan kembali kepada sang pemilik nyawa, dialam prosesnya ada namanya fardhu kifayah,” jelasnya.  

    Pasca hamba Allah meninggal dunia. Hal pertama dalam fardhu kifayah mengurus jenazah adalah memandikan. Dalam hal memandikan mayit, tidak seperti mandi biasa.  Ada tata cara dan syaratnya. Setelah itu lalu mengkafani, mengkafani juga tugas bilal mayit. Ketiga menshalatkan, umumnya dimasjid,  tapi banyak juga yang  rumah.  Dan terakhir, menguburkan.


    “Mungkin ada dari kita yang sudah biasa menjalaninya,  tapi sebagai manusia mungkin kita lupa, oleh sebab itu diadakan kegiatan ini, bagaimana tata caranya.  Ini lah pemkab mengadakan pelatihan ini, menjadi pengingat untuk yang lupa,  menjadi penyempurna,  dan menjadi pengetahuan bagi yang belum tahu,” ucapnya.

    Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan dan tanya jawab oleh Ustadz Darmansyah Siagian, S.Ag., M.Ap. dan Kegiatan Praktik yang dipandu oleh Ibu Rini Wulan, S.Ag. dari Kantor Kemenag. Masyarakat perwakilan dari seluruh kecamatan di Labuhanbatu,kegiatan ditutup oleh Kepala Bagian Kesra Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Siska Dewi Puspa, ST., MM. Siska berpesan kepada masyarakat yang hadir agar dapat mengamalkan ilmu yang didapat pada pelatihan ini, dan menyebarkannya kepada generasi yang lebih muda.

    Turut hadir dalam kegiatan tersebut asisten I Drs.Sarimpunan Ritonga M.Pd,Kabag Kesara Pemkab Labuhanbatu Siska Dewi Puspa,ST,MM,Darmansyah Sigaian S.Ag.M.Ap,Rini Wulan S.Ag dari Kementerian agama Labuhanbatu dan masyarakat dari perwakilan Se-Kecamatan Labuhanbatu.dan insan pers.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini